ANiUTa, layanan streaming khusus lagu-lagu Anisong ini diumumkan akan segera mengakhiri layanannya pada 31 Juli 2022 mendatang. Sebelumnya layanan di Amerika Serika juga sudah ditutup lebih dulu pada tahun 2020 lalu.

ANiUTa disebut-sebut merupakan layanan streaming khusus lagu-lagu anisong pertama di dunia yang memfokuskan diri untuk menghadirkan berbagai lagu yang menjadi soundtrack animegame, tokusatsu, hingga beragam lagu Vocaloid. Layanan ini disebut-sebut telah menghadirkan lebih dari 50 ribu lagu untuk didengarkan. ANiUTa sendiri diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

ANiUTa bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan label rekaman yang bergerak dalam perilisan berbagai lagu anisong. Perusahaan tersebut adalah  Flying Dog, Avex Pictures, Kadokawa, Sunrise Music Publishing, Toei Animation Music Publishing, TOHO, Frontier Works, Pony Canyon, Marvelous, Lantis, Earth Star Records, EXIT TUNES, SNK, NBCUniversal Entertainment Japan, CAPCOM, Karent, Smiral, TEAM Entertainment, Tokuma Japan Communications, Dreamusic, Falcom, TMS Music, VAP, Victor Entertainment, 1st Place, Bushiroad Music, United Music and Arts, Mages, Rejet, dan Warner Brothers.

Adapun judul anime dan game yang lagu temanya hadir di layanan ini di antaranya adalah Ensemble Stars!, seri Gundam, Wake Up, Girls!, Osomatsu-san, Girls und Panzer, KanColle, Kirakira ☆ Precure a la Mode, K-ON!, Attack on Titan, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Genesis of Aquarion, Free!, Macross Delta, Macross Frontier, Yowamushi Pedal, Lucky Star, Love Live!, Love Live! Sunshine!!, Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu, dan Yuri!!! On Ice. Tak hanya streaming lagu, ANiUTa juga menyediakan berbagai pernik lainnya yang terkait anisong, seperti tiket konser, dan konten eksklusif.

Dari Kaori Nusantara