Doctor Strange tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar film di seluruh dunia. Apalagi kalau bukan dengan dirilisnya film terbarunya, Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang dibintangi oleh aktor kenamaan Benedict Cumberbatch ini. Per tanggal 6 Mei 2022 lalu, film ini bahkan telah tercatat sebagai film terlaris ketiga selama tahun 2022 sejauh ini.

Is Yuniarto
© 2022 www.wayangverse.com

Kepopuleran film ini rupanya turut membuat komikus kenamaan Indonesia, Is Yuniarto untuk mengadaptasi desain Doctor Strange ke dalam bentuk wayang kulit. Tidak tanggung-tanggung, bahkan sang aktor Benedict Cumberbatch sendiri telah menerima wayang kulit Spider-Man rancangan Is Yuniarto tersebut. Is Yuniarto sendiri memang kerap kali senang mengadaptasi sejumlah ikon popkultur kenamaan menjadi wayang kulit, sebagaimana kerap kali ia pamerkan di akun media sosialnya, dalam proyeknya yang disebut Wayangverse. Bukan cuma itu, Is Yuniarto juga memberikan layang kulit berbentuk Nebula kepada aktris Nebula sendiri, Karen Gillan.

Sebelumnya Is Yuniarto juga pernah membuat wayang kulit Spider-Man yang juga turut diberikan kepada aktor Spider-Man: No Way Home, Tom Holland. Selain itu melalui proyek Wayangverse ini ia juga berkolaborasi bersama iNFT Project dalam membuat projek NFT bernama Projek ZHIODIAC yang merupakan perpaduan Shio X Zodiac dalam bentuk visual wayang, yang bertujuan merayakan akulturasi budaya Nusantara dan Tionghoa, serta memperkenalkan tradisi kesenian wayang kepada generasi muda melalui medium modern.

KAORI Newsline | Courtesy of Is Yuniarto

Dari Kaori Nusantara