Salah satu sarana KRL milik Comboios de Portugal (CP) (Dinheiro Vivo)

Operator kereta api (KA) nasional Portugal, Comboios de Portugal (CP) atau Trains of Portugal telah merilis daftar calon penyedia sarana perkeretaapian baru yang akan segera mereka pesan. Kontrak senilai 819 Juta Euro telah disiapkan untuk pembelian 117 rangkaian kereta (trainset) kereta rel listrik (KRL) baru. Pengadaan sarana ini merupakan pembelian sarana terbesar dan terbanyak dalam satu waktu sepanjang sejarah CP.

Terdapat 6 perusahaan manufaktur kereta yang terdiri dari 3 konsorsium dan 3 perusahaan yang tertarik dan telah memenuhi syarat untuk mengikuti pengadaan ini, di antaranya Konsorsium Alstom, Bombardier Transportation Portugal dan Domingos Da Silva Teixeira (DST); Konsorsium CAF dan CAF Turnkey & Engineering; Konsorsium Talgo dan Siemens Mobility; CRRC Tangshan; Hitachi Rail; dan Stadler Rail.

Armada sarana KRL CP yang melayani Lisbon Urban Metropolitan Area (CP)

Pengadaan sarana yang dilakukan CP ini terdiri atas 62 trainset KRL untuk kereta komuter perkotaan dan 55 trainset untuk kereta penumpang regional. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti berapa jumlah unit kereta yang akan disusun setiap trainset-nya. Selain menyediakan sarana kereta, peserta pengadaan yang memenangkan kontrak ini nantinya dipersilakan untuk membangun sendiri depo dan fasilitas perawatan untuk kereta yang disediakannya.

Dari jumlah 62 trainset baru yang dialokasikan CP untuk kereta komuter perkotaan, 34 trainset diantaranya akan dialokasikan untuk lin Cascais di Lisbon di mana kereta baru ini akan menggantikan 29 trainset lama yang sudah berumur ditambah dengan 5 trainset baru; 16 trainset akan memperkuat layanan lin Sintra, Azambuja, dan Sado Lisbon Metropolitan Area; serta 12 trainset untuk menambah ketersediaan armada sarana kereta perkotaan di Porto.

Comboios de Portugal merupakan perusahaan negara KA yang memiliki sejarah panjang di perkeretaapian Portugal, didirikan sejak tahun 1856 dan memiliki banyak jaringan jalur KA yang dioperasikan. Kementerian Infrastruktur dan Perumahan Portugal melalui Menterinya, Pedro Nuno Santos membuka pintu seluasnya bagi manufaktur lokal untuk berkontribusi pada pengadaan sarana ini.

Proses tender pengadaan sarana ini sendiri telah dimulai oleh CP sejak Juli 2021. Trainset pertama dari 117 trainset yang diadakan ini ditargetkan dikirim ke operator pada tahun 2026, dan seluruh 117 trainset ditargetkan telah beroperasi di tahun 2029 mendatang.

Cemplus by Animefeed