Pada tanggal 30 Maret 2022, salah satu klub sepakbola terbesar di Indonesia, yaitu Persija Jakarta resmi mengumumkan tim esports official mereka dengan nama Persija Esports dengan fokus di divisi recreation VALORANT. Dalam peresmian tim esportsnya ini, emblem dan jersey dari tim ini juga telah dirilis.

Harlin E. Rahardjo selaku CEO Persija menjelaskan alasan melakukan ekspansi ke VALORANT dan terbentuknya tim ini adalah untuk memasuki period digital dengan melakukan transformasi digital dan bervisi pada past soccer yang sangat populer di kalangan generasi Z maupun kalangan millennial.

persija esports
CEO Persija, Harlin E. Rahardjo Yang menjelaskan terbentuknya tim esports ini.

“Dengan brand yang kuat tersebut dan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, Manajemen Persija melihat perlu membawa Persija memasuki era baru, yaitu era digital dengan melakukan transformasi digital dan bervisi beyond football bahkan beyond-football football. Sebagai perwujudan visi tersebut, Persija melebarkan sayapnya ke cabang olahraga yang sedang naik daun dan sangat populer di kalangan generasi Z dan Milenial muda dan sangat relevan dengan transformasi digital yaitu esports. Berdasarkan pemikiran tersebut, Persija membentuk sebuah unit usaha baru yaitu PT Persija Jaya Esports dan di dalamnya membentuk tim esports untuk divisi game VALORANT”.

Tim Persija di sepakbola yang biasa ditonton di televisi mempunyai sebuah julukan yaitu Macan Kemayoran, sementara untuk cabang esports-nya mempunyai slogannya yaitu The Cyber Tiger of Kemayoran.

Tim ini sebelumnya telah berhasil menduduki peringkat ke-6 se-Asia Pasifik dalam perhelatan turnamen recreation VALORANT Challengers Tournament – Asia Pacific.

Tim yang baru terbentuk tiga bulan itu berisikan lima pemain berpengalaman pada gim FPS (First Person Shooter) yaitu:

  • Kevin “EEYORE” Gunawan
  • Baskoro “ROSEAU” Dwi Putra
  • Vicky “FLYNCH” Rudyanto
  • Fikri “FAMOUZ” Zakih
  • Nanda “ASTERISKK” Rizana (IGL)
persija esports
Pelatih dari Persija Esports Divisi VALORANT yang merupakan Veteran Legendaris CS:GO yaitu Andrew “Bali” Joseph

Tim tersebut dilatih oleh Andrew “bali” Joseph yang merupakan salah satu pemain veteran legendaris recreation Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) di Indonesia.

“Kita baru saja memulai dan langsung bisa menduduki peringkat 6 se-Asia Pasifik, jelas bukan hasil yang bisa dianggap remeh. Saya sangat apresiasi dengan hasil yang sudah kita dapatkan. Dan kami sadar bahwa ke depannya tuntutan untuk kami akan semakin besar dengan hasil ini. Jadi kami sangat berharap dukungan dari fans untuk terus mendukung kami,” ujar Andrew.

Head of Esports di Persija Esports, Marsa optimis membawa tim ini yang fokus di Valorant bisa membawa juara.

Lebih lanjut, Marsa sebagai Head of Esports Persija juga menjelaskan bahwa fokusnya saat ini untuk membuat divisi VALORANT bisa berprestasi di Indonesia bahkan di kancah dunia. sehingga ekspansi ke divisi cell masih belum menjadi prioritas. Kabarnya, jika Persija Esports sukses di bidang tersebut tidak menutupi kemungkinan besar tim ini akan ekspansi tidak hanya di cell, bahkan mereka juga akan melebarkan sayapnya di recreation sepakbola seperti E-Football PES (Pro Evolution Soccer) dan FIFA.

“Untuk saat ini fokus kami masih di tim VALORANT ini agar menjadi juara di tidak hanya Indonesia, namun dunia.” Ujar Marsa.

Animefeed