Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis (23 Februari 1971–<span class=”_7UhW9 xLCgt MMzan KV-D4 se6yk T0kll “>17 Febuari 2022</span>) merupakan salah seorang seiyu kawakan yang telah malah melintang dalam industri pelaku suara atau seiyu di Indonesia. Berbagai karakter dari berbagai movie maupun program telah ia suarakan sepanjang hidupnya. Salah satu karakter yang cukup terkenal yang disuarakan olehnya adalah Satoshi atau Ali Atau Ash dalam anime <sturdy>Pokemon</sturdy>.

Awal mula karir Ahmad Zulkifli Lubis terlibat dalam anime Pokemon adalah ketika ia berhasil terpilih dalam casting pemilihan seiyu yang diawasi langsung oleh pihak Jepangnya. Yang menarik, rupanya ia hanyalah satu dari sedikit orang dewasa yang ikut dalam casting tersebut. Diakui olehnya kepada Youtuber lingga archie, ia awalnya tidak yakin untuk mengikuti casting menjadi seiyu Pokemon, karena ia berpikir bahwa casting ini lebih mencari seiyu anak-anak dan mencari karakter yang sesuai dengan umurnya. Apalagi proses casting tersebut dibina langsung oleh orang Jepang. Namun pada akhirnya ia tetap mengikuti casting tersebut, dan tanpa diduga, rupanya ialah yang terpilih.

Ahmad Zulkifli Lubis telah menjadi seiyu dari karakter Satoshi sejak anime Pokemon tayang untuk pertama kalinya di Indonesia melalui stasiun televisi SCTV pada tahun 2002. Saat itu karakter Satoshi diberi nama Ali. Ketika Pokemon pindah tayang ke Indosiar, dirinya kembali dipercaya untuk mendubbing sang karakter utama yang kali ini dinamai Satoshi. Sejak saat itu ia terus menyuarakan Satoshi selama anime Pokemon tayang di Indosiar. Sekitar tahun 2009, ia sempat hengkang dari Pokemon, dan Satoshi didubbing oleh Kamal Nasuti. Namun pergantian tersebut rupanya tidak terlalu lama, dan ia kembali mendubbing Satoshi selama Indosiar terus menayangkan Pokemon hingga tahun 2013, dalam Pokemon Best Wishes. Ia juga kembali mendubbing Satoshi dalam movie layar lebar Pokemon Movie 16 yang diputar di sejumlah bioskop Indonesia di tahun yang sama.

Pengabdian Ahmad Zulkifli Lubis mendubbing Pokemon akhirnya harus berhenti di tahun 2015. Saat itu Pokemon pindah tayang ke MNC dengan sajian Pokemon XY. Karakter Satoshi pada saat itu dipercayakan kepada Turie Sandos. Kemudian di tahun 2019 RTV menayangkan Pokemon Sun &amp; Moon, dan dilanjut dengan Pokemon Journeys di tahun 2021. Karakter Satoshi yang kini akhirnya dinamai Ash kini didubbing oleh Tuty Pinkan. Di lain pihak, saluran Disney Channel juga turut menayangkan Pokemon, di mana Ash didubbing oleh Sofie.

Animefeed