Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis, salah satu seiyu kawakan dilaporkan telah tutup usia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis tanggal 17 Febuari 2022, pukul 22.28 WIB. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit yang dideritanya.

Iphie Lubis lahir pada lahir 23 Februari 1971. Ia memulai debutnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 1992 di bawah naungan Arvisco. Pada masa itu karirnya lebih banyak didominasi mendubbing seri-seri telenovela Amerika Latin hingga film-film India yang merupakan produk-produk unggulan dari Arvisco.

Saat stasiun televisi Indosiar berdisi, Iphie Lubis turut bergabung dalam jajaran tim seiyu di Indosiar. Karenanya, banyak film-film yang ditayangkan di Indosiar turut disuarakan olehnya. Tak terkecuali dengan seri-seri anime yang juga banyak ditayangkan oleh Indosiar pada masanya. Di antaranya adalah Sailor Moon, hingga Ben 10.

Salah satu peran monumental Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis adalah sebagai Shinichi Kudo/Conan Edogawa dalam anime Detektif Conan. Ia sebenarnya bukanlah seiyu pertama yang mendubbing Conan ke dalam bahasa Indonesia. Namun ia adalah seiyu Conan terlama yang telah mendubbing karakter Shinichi sekaligus Conan sejak awal tahun 2000an hingga 2014, selama anime tersebut ditayangkan di Indosiar. Namun ketika Detektif Conan pindah tayang ke NET, peran Conan digantikan oleh Leni M Tarra hingga sekarang.

seiyu conan
Kak Iphie adalah Conan, dan Conan adalah kak Iphie!

Selain sebagai Conan, almarhum Iphie Lubis juga dikenal sebagai seiyu pertama dan terlama dari karakter Satoshi atau Ali Atau Ash dalam anime Pokemon. Ia mendubbing karakter Satoshi sejak masih bernama Ali, sejak Pokemon pertamakali ditayangkan melalui SCTV pada tahun 2000, hingga Pokemon XY yang sempat ditayangkan MNC TV pada tahun 2015. Karakter lain yang pernah diperankan olehnya adalah Natsu dari anime Fairy Tail. Salah satu karya terakhir Ahmad Zulkifli Lubis adalah sebagai Denki Kaminarimon di anime Boruto. Tak lupa, ia juga adalah seiyu kelima yang pernah mendubbing SpongeBob SquarePants ke dalam bahasa Indonesia. Selain aktif sebagai seiyu, almarhum juga aktif bermain teater hingga bernyanyi.

Animefeed Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Animefeed | Courtesy of Eric Zhanov & Hardi