Ada 5 jenis function yang umum ditemukan di permainan <sturdy>PUBG MOBILE</sturdy>, namun assist masih seringkali menjadi function yang paling kurang diminati para pemain. Pasalnya, masih banyak yang menganggap assist sebagai function yang kalah penting dari function lainnya.

Hal tersebut langsung dibantah oleh assist dari tim RRQ RYU, Wahyu Ari Maulana alias Mort. Melalui wawancara singkat bersama PUBG MOBILE, Mort mengklaim bahwa baginya tidak ada istilah function yang tidak penting karena setiap function punya peran dan tugasnya masing-masing.

Sebetulnya (support) tetap sama pentingnya dengan role lain karena setiap role punya peran dan tugasnya masing masing,” ujar Mort.

Mantan assist Geek Fam ID tersebut juga berpendapat bahwa memainkan function assist tidak kalah sulit dari function lainnya. Pasalnya, terkadang seorang assist juga dituntut serba bisa agar mampu menjalankan tugas function lainnya.

“Namun, kalau dibilang tidak sesulit role lainnya, itu menurutku tergantung orang yang memerankan role ini. Kalau menurutku, menjadi support itu cukup sulit karena harus selalu siap dalam keadaan apapun untuk membantu rekannya,” ungkap pemuda kelahiran Bandung tersebut.

Agar bisa mendukung timnya dengan baik, seorang assist yang baik harus memiliki segudang keahlian, salah satunya yaitu menguasai purpose jarak jauh dengan menggunakan senjata jarak jauh beserta scope-nya.

(Support yang baik) harus menguasai aim jarak jauhnya karena itu penting dalam set up perang dan juga defense. Lalu menguasai berbagai penguasaan scope, mulai dari scope kecil sampai besar. Penguasaan senjata juga harus diperhatikan karena kebanyakan support menguasai DMR dan Sniper,” ujar Mort.

Berbicara tentang senjata, Mort sendiri merekomendasikan senjata auto sebagai senjata utama dan senjata DMR atau sniper sebagai senjata kedua untuk para pemain assist.

Priority tetap senjata auto. Bisa M4A1 bisa SCAR-L ataupun DP-28. Secondary biasanya DMR atau Sniper. Tapi kembali lagi tergantung kebutuhan dan kenyamanan penggunanya,” sambungnya.

Di luar penguasaan teknis, seorang assist juga harus bisa mendukung timnya dengan memberikan informasi akurat kepada tim.

Support juga harus selalu memberikan info lengkap kepada rekan tim tentang semua keadaan yang dilihat, apalagi biasanya seorang support selalu di belakang yang menjaga backline timnya agar tidak terbokong. Di sinilah komunikasi jadi peran penting, pada saat retake compound kita harus saling memberikan info yg jelas tentang keberadaan dan keadaan musuh dan tempat yg akan kita retake,” ucap Mort.

Animefeed Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial Animefeed.