Memperkenalkan Cho Tokimeki Sendenbu (Sebutan pendek: Sendenbu), grup idol Jepang beranggotakan 6 orang yang lagunya, “Suki! ~ Cho ver ~”, viral di Tiktok September tahun lalu (2021). Awalnya, lagu mereka berhasil menembus jajaran tangga lagu di Korea Selatan. Namun, kini lagu mereka berhasil menembus jajaran tangga lagu di lebih 68 negera, termasuk Indonesia tentunya. Bahkan sebagai lagu yang viral di TikTok, lagu ini telah diputar hingga 2 milyar kali.

@jeromepolin98

SUKI SUKI SUKI WKWKWKW😂

♬ SUKI! CHOver. KOUSHIKIBAISOKU – Cho Tokimeki Sendenbu

Pemicu viral lagu Suki ini tidak terlepas dari Youtuber Jerome Polin bersama dengan grup Waseda Boys, yang menciptakan salah konten mereka dengan menggunakan lagu “Suki! ~ Cho ver ~”. Video ini pun sontak memperkenalkan dunia pada Sendenbu yang sekaligus mengangkat grup menjadi topik pembicaraan teramai (trending topic) di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Selain Jerome Polin, artis Korea “Wonho” dan grup k-pop “ATEEZ” pun ikut mengunggah video mereka di TikTok menggunakan lagu milik grup idol yang terdiri dari Kanami Tsujino, Julia Ann, Hitoka Sakai, Haruka Koizumi, Aki Suda, dan Hiyori Yoshikawa ini.

Selain itu, intro lagu “Suki! ~ Cho ver ~” memang sangat mudah diingat di kepala karena liriknya memuat lebih dari 114 kata “Suki!” yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah suka. Ditambah dengan lirik mudah diingat, penampilan Sendenbu terlihat sangat menggemaskan dengan tarian membuat bentuk hati dengan tangan yang lucu dimana koreografi ini menjadi viral di TikTok.

Sebagai efek viral, lagu mereka sempat berhasil mencapai peringkat 1 di “Viral Top 50” Spotify Indonesia dan membuat jumlah followers mereka dari Indonesia di TikTok dan media sosial lainnya pun meningkat pesat.

Untuk memuaskan keingintahuan tentang Indonesia yang telah menyambut antusias lagu mereka, Sendenbu pun mencoba beberapa camilan khas Indonesia yang dikemas dalam video Youtube berjudul Tokisen Coba Makan Cemilan Indonesia! Harapannya, selain memuaskan rasa ingin tahu, tentu saja Kanami dan kawan-kawan dapat bisa lebih mendekatkan diri dengan penggemar di Indonesia

Tonton Video YouTube “TOKISEN COBA MAKAN CEMILAN INDONESIA!”

Di video berdurasi 23:02 ini, mereka tampil menggemaskan ketika mencoba camilan seperti Sukro Oven, Malkist Abon, Biskuit Kelapa, Keripik Taro, Pisang Sale sampai Keripik Tempe. Beberapa hal terungkap dalam video ini fakta menarik tentang para anggota grup seperti siapa yang suka mengambil camilan setiap kali berada di belakang panggung, kata-kata Bahasa Indonesia apa saja yang sudah dihapal para anggota atau oleh-oleh dari Indonesia apa yang ingin mereka bawa sekaligus masukkan ke dalam koper. Di bagian akhir video, mereka juga menantikan rekomendasi dari para penggemar Indonesia untuk camilan apa yang harus mereka coba di video berikutnya. Video tersebut kini dapat dilihat di kanal YouTube resmi milik mereka lengkap dengan subtitle bahasa Indonesia. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Mereka juga kembali menyampaikan rasa terima kasih kepada penggemar di Indonesia atas dukungannya sehingga bisa mencapai posisi nomor 1 di Spotify Chart Indonesia. Berikut adalah komentar keenam anggota Sendenbu:

Komentar Kanami Tsujino

Aku sangat terkejut dan senang karena banyak orang di Indonesia yang bisa mendengarkan lagu kami “Suki!”! Dengan kegembiraan bisa menyeberangi lautan dan terhubung dengan orang-orang dari negara lain melalui lagu ini! Aku akan terus melakukan yang terbaik untuk menjangkau sebanyak mungkin orang! Dan suatu hari nanti aku harap bisa bertemu orang Indonesia dalam tur Asia!

Komentar Julia Ann

Aku senang sekali karena tahu bahwa banyak orang yang menyukai lagu “Suki!” karena bisa melampaui batasan bahasa dan negara! Bahkan di media sosial banyak orang dari luar negeri yang mengikuti dan melihat kami. Aku sangat bersyukur dan berterima kasih sekali!

Komentar oleh Hitoka Sakai

Aku sangat senang dan terkejut karena aku tidak pernah berpikir bahwa aku bisa mendapat tempat pertama di luar negeri! Itu berarti kalian telah banyak mendengarkan lagu “Suki!”, Jadi aku akan melakukan yang terbaik untuk membuat kalian mengenal kami dan menyukai kami!

Komentar Haruka Koizumi

Terima kasih kepada semua orang di Indonesia yang telah mendengarkan “Suki!” !!

Dengan melampaui Jepang, aku akan melakukan yang terbaik untuk menjadi lebih baik dan lebih mendunia!!

Komentar oleh Aki Suda

Kami sangat berterima kasih kepada semua orang yang mengetahui dan mendukung Tokimeki Sendenbu! Terutama kepada semua orang di Indonesia, kami akan berusaha dan melakukan yang terbaik untuk membuat dunia dipenuhi dengan perasaan Tokimeki (Cinta)!

Tolong dukung kami terus ya!

Komentar dari Hiyori Yoshikawa

Aku ingin kata “Suki!” Menjadi bahasa widespread! Aku ingin membuat orang di seluruh Jepang dan dunia tahu tentang keberadaan Tokimeki Sendenbu dan ingin bisa tampil langsung di depan para followers! Di Korea Selatan tarian SUKI! CHO ver banyak ditarikan oleh banyak orang di TikTok juga, suatu saat aku ingin melakukan Tur Asia dan pergi ke Korea Selatan dan Indonesia!”

Saksikan Cho Tokimeki♡Sendenbu / ‘Suki! ~Cho ver~’ di YouTube:

Dengarkan “Suki! ~Cho ver~” di layanan Streaming favoritmu:

https://avex.lnk.to/SUKI

Informasi Rilis:

Artis: Cho Tokimeki♡Sendenbu

Format: Mini-album

Judul: ‘Suki Suki Suki Suki Suki Suki!’

Tanggal rilis: September 29, 2021

Link acquire & streaming: https://cho-toki-sen.lnk.to/sukisukisukisukisukisuki

Profil Cho TokimekiSendenbu

Cho Tokimeki♡Sendenbu adalah idol grup beranggotakan 6 orang yang diproduksi oleh Stardust Promotion, agen bakat di belakang Momoiro Clover Z dan Shiritsu Ebisu Chugaku. Mereka dibentuk pada 11 April 2015, sebagai Tokimeki♡Sendenbu, dan berganti nama menjadi Cho Tokimeki♡Sendenbu pada April 1, 2020. Filosofi mereka adalah “Hari ini Menyanyi lagi melintasi ladang, melintasi pegunungan, untuk menyapaikan hal yang menggembirakan”, dan slogan mereka adalah “Lock on ke hatimu ♡”.

Animefeed Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial Animefeed.