Sabikui Bisco atau Rust–Eater Bisco merupakan anime yang dirilis sejak 11 Januari 2022. Publik di Indonesia bisa menyaksikan anime ini secara on-line melalui MUSE SG/Muse Indonesia. Yang menarik, anime ini sendiri juga turut ditayangkan dalam versi dubbing berbahasa Indonesia, di mana versi dubbing Indonesianya dirilis bersamaan dengan perilisan anime ini di setiap episodenya. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah peredaran anime di Indonesia, di mana sebuah anime didubbing, dan versi dubbingnya dirilis bersamaan dengan versi aslinya.

ATM Studio bertangggung jawab mendubbing anime Sabikui Bisco ke dalam bahasa Indonesia. ATM Studio sendiri juga merupakan pihak yang mendubbing Kimetsu no Yaiba, yang juga sama-sama anime yang dilisensi oleh pihak Muse. Publik bisa menyaksikan Sabikui Bisco dalam versi bahasa Indonesia melalui layanan iQIYI dan Bstation, di mana episode-episode terbarunya dirilis setiap hari Selasa, di hari yang bersamaan dengan perilisan episode aslinya di Jepang. Berikut adalah para seiyu versi Indonesianya:

Seiyu Rust–Eater Bisco

Agathon Hafi sebagai Akaboshi Bisco

Agathon Hafi adalah seiyu yang masih cukup terbilang baru. Ia dulunya adalah seorang fandubber yang akhirnya berhasil meniti jalan menjadi seiyu profesional. Beberapa film yang pernah didubbing olehnya di antaranya adalah sejumlah film-film Studio Ghibli yang ditayangkan di Netflix. Sebagai seorang generasi baru di dunia pelaku suara, Agathon Hafi memang lebih sering mendubbing film-film yang ditayangkan melalui layanan on-line seperti Netflix, di antaranya adalah DOTA: Dragon’s Blood. Dalam Sabikui Bisco sendiri ia dipercaya untuk mendubbing Bisco si tokoh utama.

Seiyu Sabikui Bisco

Amar Saifullah Milo Nekoyanagi

Amar Saifullah juga merupakan fandubber muda yang berhasil meniti karir menjadi seiyu profesional. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dirinya. Namun dirinya berhasil dipercayakan untuk mendubbing Milo yang di versi bahasa Jepang aslinya diperankan oleh Natsuki Hanae.

Adith Sidik Permana sebagai Jabi

Adith Sidik Permana sebelumnya terkenal dalam perannya sebagai Shishio Makoto pada Anime Samurai X yang sempat digemari pemirsa pada tahun 2000 lalu. Beberapa peran yang pernah dimainkan olehnya di antaranya adalah pada Anime Popolocrois sebagai Setan Gami-Gami maupun pada Telenovela Maria Belen. Dirinya juga berperan pada anime Aikatsu hingga Noragami. Kali ini ia dipercaya untuk mendubbing Jabi sang mentor dari Bisco.

Turie Sandos sebagai Kurokawa

Turie Sandos sebelumnya dikenal sebagai seiyu dari Gintoki dalam anime Gintama yang sempat ditayangkan oleh Indosiar beberapa tahun yang lalu. Selain itu, seiyu yang juga aktif menjadi pengarah dialog di sejumlah film-film asing yang didubbing ke dalam bahasa Indonesia ini sebelumnya juga pernah menjadi salah satu seiyu dalam Gundam Build Fighters sebagai Reiji. Dalam Sabikui Bisco atau Rust–Eater Bisco ia mendubbing Kurokawa.

Septiani sebagai Pawoo Nekoyanagi

Seiyu yang sebelumnya pernah menjadi narator untuk Teletubbies ini kini dipercayakan untuk mendubbing sang kakak dari Milo ini.

Purin sebagai Tirol Ochagama

Purin juga merupakan fandubber muda yang berhasil meniti karir menjadi seiyu profesional. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dirinya. Namun dirinya berhasil dipercayakan untuk ikut mendubbing anime Sabikui Bisco untuk berperan sebagai Tirol.

Sabikui Bisco atau Rust–Eater Bisco merupakan anime yang diangkat dari novel ringan yang ditulis oleh Shinji Cobkubo, dengan ilustrasi dari Okay Akagishi dan mocha. Dalam novel ini diceritakan mengenai Jepang di masa post-apokaliptik, di mana segalanya telah rusak oleh karat yang diakibatkan oleh angin Rusting Wind, yang dipercaya berasal dari jamur. Adalah sang tokoh utama, Bisco yang berpetualang bersama teman-temannya dalam mencari “Sabikui”, sejenis jamur yang dipercaya bisa memakan segala bentuk karat.

Saksikan Sabukui Bisco versi bahasa Indonesia setiap hari Selasa malam di iQIYI dan Bstation.

Animefeed