is yuniarto

Is Yuniarto dan iNFT Project berkolaborasi dalam membuat projek NFT bernama ZHIODIAC, Projek ZHIODIAC adalah perpaduan Shio X Zodiac dalam bentuk seen wayang, yang bertujuan merayakan akulturasi budaya Nusantara dan Tionghoa, serta memperkenalkan tradisi kesenian wayang kepada generasi muda melalui medium stylish. Konsep ZHIODIAC merupakan bagian dari ‘Wayangverse’ karya Is Yuniarto.

ZHIODIAC akan menampilkan 12 karakter wayang shio dengan berbagai variasi. ZHIODIAC sudah dirilis pada tanggal 29 Januari 2022 dan dapat diakses melalui OpenSea.

‘Wayangverse’ adalah sebuah eksplorasi kreatif dalam upaya menampilkan kesenian seen wayang kulit melalui ekspresi karakter dan inspirasi stylish. Wayang Kulit sendiri telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

“Sebagai seorang artist projek ZHIODIAC memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi medium digital baru untuk menyampaikan hasil seni tradisional secara modern,” tutur Is Yuniarto, pencipta dan illustrator ZHIODIAC. “Perpaduan antara budaya Nusantara dan Tionghoa juga menjadi pesan utama dalam projek ini dimana keharmonisan budaya dapat menciptakan sesuatu yang baru dan indah.”

Andri sebagai Chief Marketing Officer dari iNFT Project memiliki harapan lebih pada enterprise ZHIODIAC dan kerjasama selanjutnya. “Kerjasama iNFT dengan Is Yuniarto adalah langkah pertama untuk mengembangkan potensi seniman lokal, dan juga memberikan edukasi kepada semua orang bahwa dengan adanya teknologi baru kita semua bisa belajar dan berinovasi,” ujarnya. “Besar harapan kami dari iNFT untuk bisa lanjut bekerjasama dengan banyak artis dan creator lokal dan meluncurkan projek dengan inovasi-inovasi baru.”

Hal istimewa pada proyek ZHIODIAC adalah setiap pembeli NFT akan mendapatkan hak klaim Wayang Kulit fisik yang dapat mereka miliki secara freed from cost. Dengan ini setiap pembelian NFT juga akan mendukung pelestarian budaya Wayang dan para seniman pengrajin wayang tradisional yang berada di Indonesia sehingga tidak hanya sebagai projek digital tetapi mempunyai dampak sosial positif di masyarakat.

Animefeed Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial Animefeed.