Ketika mendengar sebuah lagu anisong, pernahkah kalian merasa kalau salah satu lagu tersebut seperti “pernah didengarkan sebelumnya di suatu tempat?”. Tentu hal yang wajar, karena pada hakikatnya anisong memang sebagian besar diproduksi penuh secara genuine. Tetapi, tidak dipungkiri bahwa banyak lagu anisong yang mengambil referensi dari lagu luar, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Bahkan beberapa juga ada yang merupakan cowl. Penasaran? Nah, pada artikel kali ini mari kita mengupas lagu-lagu anisong yang terdengar mirip dengan lagu luar negeri!

1. “Ciki Ciki Bam Bam” (OP Ya Boy Kongming!) dengan “Bulikirály” – Jolly

Mari kita mulai dengan lagu yang sedang viral akhir-akhir ini. “Ciki Ciki Bam Bam”, lagu pembuka dari anime Ya Boy Kongming! memiliki kemiripan dengan lagu “Bulikirály” yang dibawakan oleh seorang penyanyi Hungaria bernama Jolly. Tentu bukan kebetulan, karena lagu pembuka ini merupakan cowl dari lagu tersebut. Dan ternyata, lagu Bulikirály sendiri telah dirilis oleh label avex trax dengan nama “Ciki Ciki Bam Bam” dan lagu pembuka anime Ya Boy Kongming! dirilis dalam naungan label avex trax, jadi sudah tergambar polanya. Meskipun dalam versi anime Ya Boy Kongming!, aransemennya lebih ditekankan dengan elemen khas lagu 80-an.

2. “SHINY DAYS” (OP Yuru Camp) dengan “I Want You Back” – The Jackson 5

Mungkin sebagian besar sudah kenal dengan yang satu ini. “SHINY DAYS”, lagu pembuka dari anime <sturdy>Yurucamp</sturdy> memiliki kemiripan dengan lagu “I Want You Back” yang dibawakan oleh The Jackson 5. Kemiripannya bisa didengar dalam bagian piano dan gitar di intronya. Tak hanya itu, dalam reff kedua lagu nya, progresi chord nya serupa meskipun beda pada ujung reff-nya.

3. “Toy Doll” – Mia Taylor (CV. Shu Uchida) dengan “Girlfriend” – Avril Lavigne

Saat lagu dari Mia Taylor (karakter <em>Love Live! Nijigsaki Highschool Club</em>) diperkenalkan, banyak yang bilang bahwa lagu-lagunya mirip dengan rasa lagu-lagunya Avril Lavigne. Salah satunya dalam lagu “Toy Doll“, di mana BPM dan aransemen gitar pada verse-nya mirip dengan lagu “Girlfriend“, meskipun progresi chord-nya agak sedikit berbeda.

4. “Sakura Kiss” (OP Ouran High School Host Club) dengan “Sk8er Boi” – Avril Lavigne

Sakura Kiss“, lagu pembuka dari anime Ouran High School Host Club memiliki kemiripan dengan lagu “Sk8er Boi” yang dibawakan oleh Avril Lavigne. Kemiripannya terletak pada intronya di mana dasar chord gitarnya serupa, meskipun dalam Sakura Kiss sedikit lebih bervariasi.

5. “Ai no Shizuku” (Tokyo seventh Sisters) dengan “Something Just Like This” – The Chainsmokers & Coldplay

Mungkin tidak banyak yang satu ini. Namun “Ai no Shizuku“, lagu yang dibawakan oleh KARAKURI 2039 dari gim <strong><em>Tokyo 7th Sisters</em></strong> memiliki kemiripan dengan lagu “Something Just Like This” yang dibawakan oleh The Chainsmokers & Coldplay. Kemiripannya terlihat dalam keseluruhan aransemennya, meskipun Something Just Like This BPM-nya lebih cepat dibandingkan Ai no Shizuku.

(*15*)

6. “Rune ga Pikatto Hikattara” (ED1 Macross Delta) dengan “September” – Earth, Wind & Fire

Ini juga adalah salah satu yang sebagian besar orang sudah tahu. Rune ga Pikatto Hikattara, lagu penutup kedua <sturdy>Macross Delta</sturdy> memiliki kemiripan dengan lagu September oleh Earth, Wind & Fire. Kemiripan jelas, terutama di bagian “Badeeya”-nya. Namun, aransemennya Rune ga Pikatto Hikattara juga memiliki beberapa elemen yang mirip dengan September.

7. “GIRAFFE BLUES” (Insert Song Macross Delta) dengan “Un-Break My Heart” – Tony Braxton

“GIRAFFE BLUES”, lagu pengisi Macross Delta, memiliki kemiripan dengan “Un-Break My Heart” yang dibawakan oleh Tony Braxton. Kemiripannya terletak pada aransemen keseluruhannya, bahkan lebih diperjelas lagi dalam bagian awal reff-nya.

8. “Shinogi” (Hypnosis Mic) dengan Swimming Pools/Kendrick Lamar

Lagu ini sempat ramai diperbincangkan dalam sosial media karena lagu “Shinogi” yang dibawakan oleh unit MAD TRIGGER CREW (Hypnosis Mic) memiliki kemiripan dengan lagu “Swimming Pools” yang dibawakan oleh Kendrick Lamar. Kemiripannya terletak pada bagian verse-nya, di mana bagian rap-nya yang dimulai dari “Harenee nara kiena~” memiliki flow into yang sama dengan “I was in the dark room~” yang terdapat dalam verse awal Swimming Pools. Namun, telah dikonfirmasi bahwa Shinogi adalah lagu penghormatan (homage) untuk lagu tersebut.

9. “Ikouze Paradise” (OP Ishuzoku Reviewers) dengan “YMCA” dan “In The Navy” – Village People

Tentu semua orang juga sudah tahu yang satu ini. “Ikouze Paradise, lagu pembuka dari anime <strong>Ishuzoku Reviewers</strong> memiliki kemiripan dengan lagu “YMCA dan “In The Navy yang dibawakan oleh Village People. Sebenarnya lagu ini merupakan “mashup” dari kedua lagu tersebut karena bagian intro dan reff-nya lebih menggambarkan YMCA, sementara verse-nya lebih menggambarkan In The Navy. Untuk asal usul mengapa lagu pembuka ini mengambil referensi lagu-lagunya Village People, banyak yang mengatakan bahwa komikus dari seri ini, Amahara, adalah penggemar berat Village People.

10. “Macho a Name?” (ED Dumbbell Nan Kilo Moteru?) dengan “Macho Man” – Village People

Lagu ini juga memiliki kemiripan dengan lagunya Village People, di mana aransemen verse nya “Macho a Name? mirip dengan verse lagu “Macho Man“-nya Village People, bahkan lebih diperjelas lagi dalam reff-nya. Meskipun begitu, lagu Macho Man” memiliki BPM yang lebih cepat dari “Macho a Name?“.

11. “Shippai” (OST Kaguya-sama: Love is War) dengan “You Spin Me Round (Like a Record)” – Dead Or Alive

Mungkin yang satu ini terdengar kocak, karena “Shippai“, lagu OST Kaguya-sama: Love is War, sangat mirip dengan “You Spin Me Round (Like a Record)‘ yang dibawakan oleh Dead Or Alive. Keseluruhan instrumennya terdengar seperti reff dari lagu You Spin Me Round (Like a Record). Bila mengingat pemakaian OST ini dalam anime-nya, biasanya OST ini muncul ketika karakter – karakter nya memulai dirty jokes. Jadi, sudah jelas kenapa “You Spin Me Round (Like a Record)” menjadi referensi.

(*15*)

12. “Rise Electric” (OST Air Gear) dengan “The Final Countdown”Europe

Yang satu ini juga terdengar kocak, karena “Rise Electric“, lagu OST Air Gear sangat mirip dengan “The Final Countdown” yang dibawakan oleh band Europe. Kemiripannya terlihat jelas dalam intro dan reff-nya Rise Electric yang serupa dengan intronya The Final Countdown-nya Europe.

13. “Inori ~You Raise Me Up~” (OP Romeo X Juliet) dengan “You Raise Me Up” – Secret Garden

Tidak perlu ditanyakan lagi kemiripan antara dua lagu ini, sebab lagu pembuka Romeo X Juliet ini merupakan cowl dari lagu “You Raise Me Up” yang dibawakan oleh unit duo asal Norwegia, Secret Garden. Di mana lagu versi Romeo X Juliet merupakan translirik ke dalam bahasa Jepang.

14. “Country Road” (ED <em>Whisper of The Heart</em>) dengan “Take Me Home, Country Roads” – John Denver

Yang satu ini juga tidak perlu ditanyakan lagi kemiripannya, karena “Country Road” oleh Youko Kanno adalah cowl dari lagu “Take Me Home, Country Roads” oleh John Denver, dengan versinya Youko Kanno adalah versi translirik ke dalam bahasa Jepang.

15. “Kimi ga Suki Datou Sakebitai” (OP Slam Dunk) dengan “Panama” – Van Halen

Dan yang terakhir adalah “Kimi ga Suki Datou Sakebitai“, lagu pembuka Slam Dunk yang mirip dengan lagu “Panama” yang dibawakan oleh band rock Van Halen. Kemiripannya tidak secara keseluruhan, namun bagian chord gitar pada bridge Kimi ga Suki Datou Sakebitai mirip dengan bridge pada lagu Panama.

Inilah lagu-lagu anisong yang mirip dengan lagu luar negeri, baik dalam elemen verse, bridge, chorus, maupun keseluruhan lagunya. Adakah lagu anisong lain yang mirip dengan lagu luar negeri? Silahkan rekomendasikan!

Dari Kaori Nusantara