© Gosho Aoyama / Shogakukan . YTV . TMS

Detektif Conan merupakan serial anime dan komik yang cukup populer di Indonesia. Animenya sendiri saat ini tengah ditayangkan secara rutin di stasiun televisi NET. Detektif Conan saat ini ditayangkan setiap hari Senin sampai Jumat pukul 14.00 WIB, dan hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB. NET juga sempat dikabarkan untuk menayangkan sejumlah movie layar lebarnya, meski hal itu belum ada konfirmasi lebih lanjut.

Dalam anime yang sudah berjalan cukup lama selama hampir 3 dekade ini banyak karakter yang sudah muncul di anime ini, lengkap dengan pesonanya masing-masing. Menanggapi fenomena ini, laman asal Jepang Goo Ranking sempat membuat survei mengenai karakter-karakter terkeren di seri ini. Inilah hasil survei Goo Ranking mengenai karakter Detektif Conan terkeren:

  1. Shinichi Kudo
  2. Shuichi Akai
  3. Rei Furuya
  4. Kaito Kuroba
  5. Makoto Kyogoku
  6. Conan Edogawa
  7. Ai Haibara
  8. Heiji Hattori
  9. Yusaku Kudo
  10. Gin

Detektif Conan atau Meitantei Conan, adalah anime yang diangkat dari komik detektif berjudul sama karya <sturdy>Gosho Aoyama</sturdy>. Dalam komik ini dikisahkan mengenai seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya berubah menjadi anak kecil akibat diracun oleh sebuah komplotan misterius. Kini dengan nama samaran Conan Edogawa, Shinichi yang telah berubah menjadi anak kecil harus memecahkan berbagai kasus-kasus kejahatan sembari mengejar komplotan misterius yang telah membuat tubuhnya mengecil.

Komik ini pertama kali diterbitkan di Jepang melalui majalah Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994 dan masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri komiknya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kesuksesan komiknya membuat Meitantei Conan diadaptasi menjadi serial dan berbagai Movie Anime maupun drama seri. Animenya sendiri sebelumnya pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar hingga tahun 2014, dan saat ini tengah ditayangkan oleh NET.