Setelah sempat menutup diri akibat pandemi sejak Maret 2020, Jepang kini tengah bersiap untuk menerima kembali kedatangan turis dari 4 negara. Keempat negara tersebut adalah Amerika, Australia, Thailand, dan Singapura. Rencana pembukaan terhadap turis dari keempat negara tersebut rencananya akan dimulai pada awal bulan Juni 2022.

Keputusan ini merupakan upaya uji coba pemerintah Jepang, di mana saat ini mereka hanya menerima turis yang mengikuti paket tur penuh dengan jumlah sekitar 10 orang, dan terus didampingi oleh pemandu wisata, dengan paket tur yang sudah ditentukan pemerintah. Para turis juga diharuskan untuk sudah divaksin hingga 3 kali, dan memiliki asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga.

Saat ini Jepang masih belum menerima kedatangan turis individual. Namun mereka masih mau menerima pebisnis dan pelajar asing, dan pemegang visa lainnya, dengan jumlah kedatangan 10 ribu orang per hari, meski jumlahnya bisa saja bertambah 2 kali lipat tergantung kebijakan pemerintah.

Jika program uji coba tahap awal ini berjalan lancar, maka pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan akan menerima lebih banyak lagi turis dari negara lainnya, dan juga memperlonggar pembatasan yang ada.

KAORI Newsline | Sumber

Dari Kaori Nusantara