Jujutsu Kaisen 0, komik prekuel dari Jujutsu Kaisen ini sebagaimana telah diberitakan sebelumnya diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar anime, yakni Jujutsu Kaisen 0 yang dirilis di Jepang pada 24 Desember 2021 lalu. Film yang diproduksi oleh MAPPA dan didistribusikan oleh TOHO ini juga telah dirilis di Indonesia oleh Feat Pictures, di mana film ini dirilis di Indonesia mulai tanggal 16 Maret 2022 hingga sekitar akhir bulan April, di jaringan bioskop Cinépolis Indonesia, CGV Cinemas Indonesia, dan Flix Cinema, Cinema XXI, hingga Rajawali Cinema Purwokerto.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa 3 hari sejak resmi tayang, film Jujutsu Kaisen 0 tercatat telah ditonton hingga 322 ribu penonton di seluruh Indonesia. Angka ini sendiri sudah termasuk jumlah penonton yang menontonnya di sesi pre-screening yang diselenggarakan sebelum perilisan resmi di tanggal 16 Maret 2022. Kemudian berdasarkan informasi dari IG Story milik Feat Pictures, diungkapkanlah bahwa sampai film ini turun layar di Indonesia, film ini telah ditonton hingga sebanyak 818 ribu penonton.

Dengan jumlah penonton ini, Jujutsu Kaisen 0 hingga saat ini tercatat menjadi film anime tersukses yang telah dibawaka oleh Feat Pictures ke Indonesia, Sebagai perbandingan, film Josee, the Tiger and the Fish tercatat meraup jumlah penonton sebanyak 25 penonton di minggu pertama penayangannya, dan meraup entire 40 ribu penonton. Sementara itu Violet Evergarden Gaiden meraup 25 penonton di 5 hari pertama penayangannya, dan Violet Evergarden the Movie meraup entire 32 ribu penonton. Nasib kurang baik dialami oleh Belle yang hanya meraup 4000 penonton di 5 hari pertama penayangannya.

Jujutsu Kaisen adalah komik yang diterbitkan di Jepang sejak tahun 2017 lalu. Dalam komik ini dikisahkan mengenai Yuji Itadori, seorang pelajar yang memiliki kemampuan atletik dan fisik yang luar biasa. Usahanya untuk menyelamatkan teman-teman satu klubnya membuat dirinya terikat dengan Sukuna, curse paling kuat yang pernah ada. Hidup Itadori kemudian berubah dari seorang pelajar dengan bakat luar biasa menjadi murid dari sekolah yang melatih para pembasmi Curse. Curse sendiri adalah sebuah fenomena energi negatif yang tercipta dari Amarah, benci, dendam, rasa malu dan emosi-emosi negatif lain yang terjadi akibat akumulasi dari emosi-emosi negatif manusia.

Tak lupa pula dalam menyambut perilisan film Jujutsu Kaisen 0 ini, jaringan ritel busana asal Jepang, UNIQLO juga turut merilis koleksi kolaborasi UT dengan Jujutsu Kaisen. Kolaborasi UT Jujutsu Kaisen juga telah tersedia di Indonesia, di mana publik bisa memesannya secara on-line, maupun membelinya di berbagai gerai-gerai UNIQLO yang tersebar di Indonesia.

Dari Kaori Nusantara