Trem bi-directional KVG di Kassel, Jerman (International Railway Journal – Quintus Vosman)

Kasseler Verkers-Gesellschaft (KVG) atau Kassel Transport umumkan pengadaan sarana kereta api ringan atau Light Rail Vehicle (LRV) berupa trem, untuk menggantikan armada sarana trem lama mereka. Perusahaan operator transportasi publik kota Kassel, Jerman ini mengumumkan dimulainya pengadaan sarana dengan pagu dana 130 Juta Euro yang meliputi pembelian 22 rangkaian kereta (trainset) LRV dengan opsi tambahan 18 trainset lainnya.

Jenis LRV yang akan dibeli KVG sendiri terdiri dari 10 trainset LRV bi-directional yang dapat beroperasi dua arah (2 kabin masinis) dan 12 trainset sisanya beserta 18 trainset opsional dapat berupa bi-directional atau uni-directional/satu arah (1 kabin masinis).

Spesifikasi LRV yang akan dibeli juga sudah ditetapkan, diantaranya memiliki lantai yang rendah (low ground), dimensi yang memiliki panjang tidak lebih dari 31 meter dan lebar tidak lebih dari 2,4 meter. LRV ini sendiri akan dioperasikan di jaringan jalur dengan lebar sepur standar, 1.435 mm. Karena jalur yang akan dilewati LRV ini juga melalui beberapa terowongan, kekuatan bahan bodi haruslah mampu menahan gaya mencapai 300 kN.

Trem KVG Line 1 di Kassel, Jerman (International Railway Journal – Quintus Vosman)

Persyaratan khusus ditetapkan untuk LRV bi-directional yang disyaratkan memiliki 4 pintu per sisinya dengan 3 pintu diantaranya terdiri dari dua daun (double-doors), sedangkan LRV uni-directional disyaratkan memiliki 5 pintu per sisinya dengan 4 pintu diantaranya adalah pintu double-doors. Kereta ini juga disyaratkan untuk memiliki fitur pengaman perjalanan Automatic Train Operation (ATO) yang bisa digunakan baik di jalur utama (predominant line) maupun di depo.

10 trainset yang dikonfirmasi berjenis LRV bi-directional akan dikirimkan secara bertahap; 2 trainset pertama diproyeksikan untuk dikirim pada tahun 2025 mendatang untuk mulai diujicobakan dan diotorisasi, dengan 8 trainset lainnya dikirim bertahap 1 trainset per bulan di tahun 2026. Setelahnya, 12 trainset lain yang terkonfirmasi dibuat dapat berupa LRV bi-directional atau uni-directional, yang juga akan dikirim 1 trainset per bulannya secara bertahap.

Cemplus by Animefeed