Jumat (11/2), regulator transportasi darat Singapura, Land Transport Authority (LTA) kembali kedatangan sarana kereta baru untuk layanan Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura. 1 rangkaian (trainset) kereta listrik seri C851E untuk lin lingkar MRT Singapura (Circle Line) tipe Alstom Metropolis tiba di Singapura setelah menempuh pengiriman by means of jalur laut dari fasilitas perakitan kereta Alstom di Barcelona, Spanyol. Kedatangan perdana seri C851E untuk Circle Line (CCL) ini adalah rangkaian formasi 3 kereta pertama dari entire pesanan LTA yang berjumlah 23 trainset (69 unit kereta) yang dioperasikan Singapore Mass Rapid Transit (SMRT).

Kereta MRT Singapura seri C851E untuk lin Circle Line tiba di Singapura (Land Transport Authority)

Pengadaan sarana kereta baru ini akan memperkuat layanan Circle Line yang sedang dalam proses ekstensi menjadi jalur lingkar sempurna (Full Loop), dengan menyambungkan Marina Bay (CE2) dan Harbour Front (CC29). Uniknya, Marina Bay sebenarnya adalah jalur ekstensi Circle Line yang bercabang di Promenade (CC4), sedangkan terminus awalnya sendiri berada di Dhoby Ghaut (CC1). Jalur ini sendiri awalnya direncanakan sebagai Marina Line, dan mengalami beberapa perubahan trase sebelum dibangun dan terbentuk seperti saat ini.

Pembangunan ekstensi Circle Line saat ini telah sampai pada tahap selesainya pengeboran terowongan sejak 12 Januari 2022 dan sedang dalam tahap konstruksi, dengan purpose dioperasikan pada tahun 2026, yang diperkuat dengan dukungan 23 trainset kereta tambahan ini.

Kereta MRT Singapura seri C851E di area pengujian pabrik Alstom Transport, Barcelona, Spanyol (Land Transport Authority)

Kontrak pengadaan sarana Seri C851E ini dirilis 30 April 2018, dengan Alstom Transport, S.A. menjadi satu-satunya manufaktur yang mengikuti lelang pengadaan ini, dan memenangkan kontrak dengan nilai sekitar 250 Juta Dolar Singapura. Rangkaian seri C851E ini sendiri terdiri dari dua formasi berbeda; 3 kereta per trainset sebanyak 23 trainset untuk dioperasikan di Circle Line, dan 6 kereta per trainset sebanyak 6 trainset (36 unit kereta) yang diperuntukkan untuk lin North-East Line (NEL) yang dioperasikan SBSTransit, dan rangkaian perdananya telah tiba di Singapura pada 4 April 2021 lalu.

Kereta untuk Circle Line ini mulai disiapkan pembuatannya setelah kontrak ditandatangani dan produksi bodi kereta pertama berlangsung di awal tahun 2020, dengan trainset pertama selesai di akhir 2021. Setelah sampai di Singapura, kereta ini dibawa ke Depo MRT Kim Chuan untuk dilakukan pengujian dan penyesuaian awal, dan rencananya akan dibawa ke fasilitas pusat pengujian kereta terintegrasi (Integrated Train Testing Center) di Tuas, Singapura pada akhir tahun 2022 ini.

Cemplus by Animefeed