VTuber populer asal Jepang Kizuna AI sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, mengumumkan akan hiatus dari aktivitas VTuber untuk waktu yang tidak ditentukan setelah konser “terakhir”-nya pada 26 Februari 2022. Kemudian pada konser “terakhir” tersebut, diumumkanlah bahwa dirinya akan hadir kembali dalam bentuk anime.

Selain itu akan dirilis juga sesosok AI bernama Kizuna (#KZN) yang akan berfungsi untuk menghubungkan para followers dan kreator di kala sang VTuber masih “tertidur”. AI Kizuna (#KZN) ini sendiri dikembangkan dengan software program program voice synthesis bernama CeVIO, dan desain karakternya akan digarap oleh desainer karakter dari Ai itu sendiri, yakni En Mokura, berdasarkan konsep dari Keigo Inoue.

Dalam pengumuman sebelumnya, dikabarkan bahwa alasan hiatus-nya sang VTuber untuk “aktivitas masa yang akan datang dengan tujuan mengembangkan Kizuna AI”. Selama hiatus, arsip video-videonya akan tetap ada dalam kanal YouTube-nya, beserta akun Twitter, Instagram, dan beberapa akun medsos lainnya yang masih akan tetap aktif, namun hanya untuk postingan pengumuman penting.

Kizuna Ai adalah salah satu digital YouTuber yang meramaikan jagat situs YouTube. Seperti Youtuber lainnya, ia hadir menghibur penonton dengan berbagai video vlog (mulai sekedar menyapa para penggemarnya, membahas topik populer, hingga melakukan tantangan unik yang dikirim oleh para subscriber), serta memainkan berbagai sport (yang kini diunggah secara terpisah ke akun channel A.I.Games).

Pada April 2020 silam, diumumkan bahwa Nozomi Kasuga merupakan suara di balik sang VTuber, yang kemudian pada saat yang sama diumumkan bahwa ia kini menjadi penasehat dalam perusahaan baru yang dibentuk oleh Activ8 yaitu Kizuna AI Co., Ltd., di mana dalam perusahaan ini, proyek VTuber-nya yang sebelumnya berada di bawah perusahaan Activ8 kini akan ditangani secara mandiri dalam Kizuna Ai Co., Ltd., menjadi cabang perusahaan dari Activ8.

Selain menjadi VTuber, Ai juga turut mencoba “peruntungannya” di dunia tarik suara. Merayakan keberhasilannya mendapatkan dua juta subscriber, sang digital YouTuber merilis lagu pertamanya berjudul Hello, Morning pada Juli 2018. Hingga lagu “Touch Me”, serta beberapa rilisan sebelumnya berupa EP pertamanya, “Replies“, dan single kolaborasinya bersama vtuber KAF, “Ai to Hana“. Kemudian pada tahun 2021, Ai merilis dua single terbaru yaitu “RADIO LOVE HIGHWAY” bersama komposer Moe Shop, dan “Here for you” bersama komposer DE DE MOUSE.