Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, ide kreatif dari para kreator tanah air tidak ada hentinya menunjukkan taringnya di mata dunia. Setiap hari di berbagai saluran digital kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam konten kreatif karya para kreator berbakat tanah air, salah satunya adalah komik. Menyambut semakin banyaknya kreator komik Indonesia yang menghadirkan karya di setiap harinya, Kompetisi komik nasional Mangaka Fire kembali diselenggarakan.

Kompetisi komik yang diusung oleh KOMUNITAS MANGAKA INDONESIA (KMI) kini hadir lebih besar dari sebelumnya. Bekerja sama dengan Paras Comic dan HIVE, Mangaka Fire VI kali ini diadakan berbeda dari Mangaka Fire di tahun-tahun sebelumnya. Ajang kompetisi komik nasional ini kini menghadirkan kompetisi dengan skala lebih besar, rangkaian acara yang lebih meriah, serta hadiah yang lebih besar untuk diperebutkan para peserta berbakat dari seluruh penjuru tanah air!

Tema besar yang diusung dalam kompetisi Mangaka Fire VI di tahun ini adalah “MERDEKA DAN BERDAULAT”. Tema ini sejalan dengan semangat Rakyat Indonesia sejak jaman dahulu kala yang tiada henti terus berjuang dan berusaha untuk mewujudkan masyarakat yang merdeka dan berdaulat. Semangat ini diharapkan bisa diadopsi oileh para komikus Indonesia agar bisa terus mempersembahkan Mahakarya yang lahir dari kreasi serta imajinasi terbaik sang komikus.

Kompetisi yang lebih besar

Kompetisi komik yang hadir di Mangaka Fire VI kali ini diadakan dengan skala yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Ada dua kategori kompetisi utama yang diselenggarakan dalam ajang kali ini yaitu kategori komik hitam putih serta kategori komik Webtoon berwarna.

Kompetisi ini juga tidak dibatasi oleh genre tertentu, sehingga para peserta bisa bebas membuat karya apapun yang diinginkan untuk ikut serta dalam kompetisi ini. Sesuai dengan tema besar yang diangkat, kompetisi ini diadakan dengan semangat para komikus bisa Merdeka dan Berdaulat membuat karya terbaiknya.

Mangaka Fire VI juga menghadirkan para juri yang telah memiliki pengalaman panjang dalam berkarya sebagai Komikus di tanah air. Jajaran Komikus Profesional yang menjadi juri dalam kompetisi ini adalah Sweta Kartika, Mas Hiro, serta Cheezemate. Selain itu ada juga Herrad Syafrian selaku PM dari Paras Comic yang turut serta menjadi juri untuk mencari karya terbaik di kompetisi ini.

Total hadiah yang lebih besar

Total hadiah yang diperebutkan dalam Mangaka Fire VI kali ini juga lebih besar dibanding sebelumnya, yaitu Rp77.000.000! Tidak hanya itu saja, komik terbaik dari kompetisi ini juga akan berkesempatan untuk diterbitkan eksklusif dalam bentuk fisik serta digital.

Bagi 5 (lima) karya terbaik dalam kategori komik hitam putih akan diterbitkan secara eksklusif di Koomik.id serta akan dicetak dan dirilis dalam event Comic Frontier 15. Sedangkan untuk kategori Webtoon berwarna, 5 (lima) karya terbaik akan diterbitkan secara eksklusif di platform Paras Comic. Para pemenang akan mendapatkan seluruh hal eksklusif dari segala bentuk penerbitan.

Kompetisi Mangaka Fire VI ini diadakan selama 2 (dua) bulan dari bulan Juni hingga Agustus 2022. Peserta bisa mengumpulkan karya mulai tanggal 17 Juni 2022. Pemenang akan diumumkan tepat pada hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus 2022. Persyaratan dan informasi lebih lanjut mengenai kompetisi komik ini bisa dibaca dengan mengakses tautan berikut ini: https://kmispace.id/mafi-competition/

Rangkaian acara yang lebih meriah

Tidak hanya hadir dengan kompetisi dan hadiah yang lebih besar, Mangaka Fire VI kali ini juga hadir dengan acara yang lebih meriah. Jika sebelumnya Mangaka Fire hanya diadakan sebagai kompetisi komik saja, kali ini ajang Mangaka Fire bertransformasi menjadi suatu rangkaian acara selebrasi bagi para komikus di seluruh penjuru tanah air. Berbagai Webinar dan Training dengan narasumber dari para profesional di bidang komik akan diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Mangaka Fire VI.

Webinar dan Training ini diselenggarakan dalam 2 hari pada tanggal 6-7 Agustus 2022. Para insan kreatif dan profesional di industri komik yang akan menjadi narasumber dalam Mangaka Fire VI ini adalah Arnold Lukito (co-founder Tabula.id), Yohan Power (Lead Artist HIVE Studio), Brian Tizi (founder KOMUNITAS MANGAKA INDONESIA), Mas Hiro (Professional Comic Artist), Herrad Syafrian (PM Paras Comic), serta Sweta Kartika (Professional Comic Artist). Webinar dan Training ini diadakan secara umum di mana peserta bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui tautan berikut ini: https://kmispace.id/mafi-webinar/

Transformasi Mangaka Fire VI menjadi rangkaian acara yang lebih besar diharapkan bisa menjadi salah satu pemantik munculnya karya komik terbaik dari para kreator tanah air. “Bangkit kawan-kawan komikuskus! Siapkan pena dan semangatmu! Maju dan berkaryalah! Jadilah Komikus yang Merdeka, Bebas, Kreatif, dan Happy!” ujar Brian Tizi selaku founder dari KOMUNITAS MANGAKA INDONESIA.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Dari Kaori Nusantara