Ade Basuki merupakan salah satu seiyu kenamaan Indonesia. Namanya cukup terkenal di kalangan pecinta anime di masa lalu, apalagi karena ia cukup banyak mendubbing sejumlah anime-anime Jepang yang populer di televisi Indonesia pada masanya. Bukan cuma mendubbing karakternya saja. Terkadang ia juga menyanyikan lagu tema versi bahasa Indonesia dari sejumlah anime, seperti Captain Tsubasa Road to 2002 hingga Digimon 02.

Didasari atas rasa kerinduan para followers, SAY Record menjalin kerjasama dengan Ade Basuki, di mana sang seiyu menyanyikan ulang lagu tema anime berbahasa Indonesia yang pernah ia nyanyikan. Sebelumnya ia telah menyanyikan ulang lagu Dragon Screamer dari anime Captain Tsubasa Road to 2002. Kini ia menyanyikan lagu Target dari anime <sturdy>Digimon Adventure 02</sturdy>. Di Jepang sendiri lagu ini dinyanyikan oleh mendiang <sturdy>Kouji Wada</sturdy>. Mari intip rekaman lagu versi baru ini, dengan aransemen oleh Yusuf Zamzam, dan juga dengan video klip yang memperlihatkan Ade Basuki menyanyikan lagu ini bersama dengan para personel SAY RECORDS:

Digimon Adventure 02 atau Digimon 02 merupakan seri sekuel dari anime Digimon Adventure yang dirilis di Jepang pada tahun 2000. Dalam sekuel ini dikisahkan mengenai petualangan anak-anak yang terpilih generasi baru yang terdiri dari Daisuke, Miyako, Iori, Ken, dan juga 2 anak-anak yang terpilih generasi lama yang sudah tumbuh besar, yakni Takeru dan Hikari. Digimon 02 dulu pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar pada tahun 2001, segera setelah tamatnya penayangan Digimon Adventure pertama yang ditayangkan oleh Indosiar sejak tahun 2000. Dalam Digimon 02 sendiri, Ade Basuki selain menyanyikan lagu temanya, ia juga mendubbing Taichi Yagami yang sudah tumbuh besar dan juga Ken Ichijo. Di Jepang sendiri Digimon 02 juga tengah direncanakan untuk dilanjutkan kembali dalam sebuah movie layar lebar terbarunya.

Saat ini Ade Basuki sendiri sudah tidak lagi aktif menjadi seiyu. Akan tetapi ia masih tetap aktif di industri pelaku suara Indonesia, di mana ia turut aktif dalam mengomandoi sebuah studio rekaman yang banyak mendubbing banyak movie, termasuk mendubbing sejumlah seri-seri anime.

Animefeed