Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin merupakan salah satu anime asal Jepang yang sangat populer. Anime ini sendiri bisa ditonton di Indonesia karena sudah dilisensi oleh MUSE SG/Muse Indonesia. Publik bisa menonton animenya melalui sejumlah layanan streaming seperti iQIYI, Bstation, hingga WeTV. Dan sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, anime ini juga telah didubbing ke dalam bahasa Indonesia, dan versi dubbingnya telah tersedia di Viu.

Anime Attack on Titan didubbing ke dalam bahasa Indonesia oleh ATM Studio yang sebelumnya sudah berpengalaman mendubbing anime-anime milik Muse seperti Kenja no Deshi, Kimetsu no Yaiba, hingga Sabikui Bisco dan Spy x Family. Meskipun begitu, yang telah tersedia dalam dubbing berbahasa Indonesia saat ini barulah Attack on Titan the Final Season part kedua saja, dan belum termasuk season-season sebelumnya. Masih belum ada informasi mengenai kapan versi dubbing berbahasa Indonesia dari season-season sebelumnya akan dirilis. Meskipun begitu, season-season terdahulu saat ini sudah didubbing ke dalam bahasa Indonesia.

Berikut adalah para seiyunya:

Dimas Setiaji (Fuji Dango) sebagai Eren Yeager

Dimas Setiaji adalah seiyu yang memiliki kiprah yang masih relatif baru. Berangkat dari hobinya melakukan fandub, ia kini telah meniti karir menjadi seorang seiyu profesional yang telah mendubbing sejumlah film, di antaranya adalah DOTA: Dragon’s Blood, Kiki’s Delivery Service, hingga Kimetsu no Yaiba. Seiyu yang juga aktif bercosplay dengan nama panggung Fuji Dango ini kali ini diberi kehormatan untuk mendubbing Eren sang karakter utama dari Attack on Titan.

Hardi sebagai Zeke Yeager, Hannes, Kenny Ackermann, & Falco Grice

Nama Hardi atau Hardi Dian Anto sebagai seorang seiyu sudah cukup dikenal di kalangan para pecinta anime di Indonesia. Apalagi seiyu dari Mitsuki di anime Boruto ini memang cukup aktif berbagi informasi mengenai dunia pelaku suara di akun Youtube miliknya. Kini ia turut dipercaya ATM Studio untuk turut mendubbing anime Attack on Titan, untuk memerankan sejumlah karakter di sana.

attack on titan

Adya Maulana sebagai Armin Arlert, Dot Pixis, & Colt Grice

Si seiyu Loid dari Spy x Family ini kini dipercaya mendubbing Armin dan sejumlah karakter di Attack on Titan. Pramadya Maulana, atau lebih dikenal sebagai Adya Maulana sendiri selama ini lebih dikenal sebagai seorang narator iklan. Berbagai iklan-iklan komersial seperti misalnya iklan Top Up Gopay telah ia narasikan. Adya sendiri sebelumnya juga sudah beberapa kali mendubbing sejumlah anime seperti Gundam Build Divers RE: RISE hingga Spy x Family.

Bonar sebagai Levi Ackerman

Bonar merupakan salah satu seiyu pelopor di masa-masa awal penayangan anime dan tokusatsu di televisi Indonesia. Salah satu debutnya adalah ketika berperan sebagai Pendeta tertinggi Darom hingga Bayangan Hitam dalam serial Tokusatsu Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider Black), hingga sejumlah peran monumental lainnya seperti Seiya dalam anime Saint Seiya maupun sebagai Yoko dalam serial silat klasik Mandarin, The Return of Condor Heroes. Berbagai serial dari mancanegara termasuk juga Jepang, dari anime, tokusatsu, hingga dorama telah diperankan olehnya selama berkarir sebagai seiyu. Sebut saja misalnya Ultraman Max, Saint Seiya Lost Canvas, Kamen Rider Kuuga, Ninja Ranger, dan berbagai judul lainnya. Suaranya sudah cukup akrab terdengar di sejumlah serial anime maupun tokusatsu dari mulai Super Sentai, Kamen Rider, hingga Power Rangers. Dengan segala prestasi dan latar belakangnya ini, tak tanggung-tanggung ia dipercaya untuk turut mendubbing Attack on Titan untuk menjadi salah satu karakter paling penting di sana, yakni Levi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Dari Kaori Nusantara