Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, anime Spy x Family kini telah tersedia dalam versi dubbing berbahasa Indonesia. Dipersembahkan oleh Muse Indonesia. publik bisa menonton versi dubbing berbahasa Indonesia dari anime ini melalui platform Bstation, Catchplay+, dan iQIYI, di mana episode-episode terbarunya akan diupdate setiap hari Sabtu pukul 19.00 WIB.

Dalam mendubbing anime ini, pihak Muse Communications kembali bekerjasama dengan ATM Studio untuk mendubbing filmnya ke dalam bahasa Indonesia. ATM Studio sendiri sebelumnya sudah berpengalaman menangani dubbing anime-anime milik Muse seperti Kenja no Deshi, Kimetsu no Yaiba, hingga Sabikui Bisco, dan Attack on Titan. Berikut adalah sejumlah seiyu yang mendubbing anime ini ke dalam bahasa Indonesia:

attack on titan

Adya Maulana sebagai Loid Forger

Pramadya Maulana, atau lebih dikenal sebagai Adya Maulana selama ini lebih dikenal sebagai seorang narator iklan. Berbagai iklan-iklan komersial seperti misalnya iklan Top Up Gopay telah ia narasikan.

Adya sendiri sebelumnya juga sudah beberapa kali mendubbing sejumlah anime seperti Gundam Build Divers RE: RISE hingga Attack on Titan. Dalam Spy x Family sendiri, Adya berperan sebagai Loid Forger, sang mata-mata sekaligus tokoh utama dari anime ini.

seiyu spy x family
© Tatsuya Endo / Shueisha / SPY x FAMILY Production Committee

Purin sebagai Anya Forger

Purin merupakan fandubber muda yang berhasil meniti karir menjadi seiyu profesional. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dirinya. Namun dirinya sempat dipercaya ATM Studio untuk ikut mendubbing anime Sabikui Bisco. Kali ini ia kembali dipercaya ATM Studio untuk mendubbing Anya Forger dalam Spy x Family.

Loecy Soesilo sebagai Yor Forger

Yor sang istri, ibu, sekaligus pembunuh handal ini dipercayakan kepada Loecy Soesilo. Ia merupakan salah seorang seiyu kawakan tanah air. Suaranya kerap kali terdengar setiap hari Minggu pagi dalam anime Doraemon, di mana ia biasa mendubbing Dorami dan Dekisugi. Seiyu jebolan Sanggar Prathivi tahun 1994 ini juga sempat dipercaya untuk ikut mendubbing anime Kimetsu no Yaiba hingga Kenja no Deshi. Yang menarik, dalam Kimetsu no Yaiba, ia mendubbing Shinobu, karakter yang diperankan oleh Saori Hayami di versi Jepangnya. Kali ini dalam Spy x Family ia juga akan mendubbing karakter yang diperankan oleh Saori Hayami di versi Jepangnya.

Adith Siddik Permana sebagai Franky Franklin

Adith Sidik Permana sebelumnya terkenal dalam perannya sebagai Shishio Makoto pada Anime Samurai X yang sempat digemari pemirsa pada tahun 2000 lalu. Beberapa peran yang pernah dimainkan olehnya di antaranya adalah pada Anime Popolocrois sebagai Setan Gami-Gami maupun pada Telenovela Maria Belen. Dirinya juga berperan pada anime Aikatsu, Noragami, Sabikui Bisco, hingga Kenja no Deshi. Kali ini ia dipercaya untuk mendubbing Franky sang informan.

Irma Afriani sebagai Sylvia Sherwood dan Emile Elman

Irma Afriani adalah seiyu yang sebelumnya banyak berperan dalam seri-seri Telenovela Latin di SCTV, kala SCTV masih mengandalkan seri-seri Telenovela sebagai program tayangan andalan mereka. Ia juga dipercaya untuk mendubbing Kanao dan Mitsuri dalam anime Kimetsu no Yaiba. Kali ini dalam Spy x Family ia dipercaya untuk mendubbing setidaknya 2 karakter sekaligus, yakni Sylvia dan Emile.

Toto Warsito sebagai Henry Henderson

Si seiyu Muzan dari anime Kimetsu no Yaiba ini kini dipercaya untuk mendubbing Henry Henderson sang guru sejarah. Karir Toto Warsito sebagai seorang seiyu sendiri dimulai sejak tahun 1993, dan ia sebelumnya lebih dikenal kala aktif dalam jajaran seiyu yang mendubbing program-program SCTV yang di masa lalu terkenal dengan program-program Telenovela Amerika Latin.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Dari Kaori Nusantara