Pada 5 April 2019 lalu, salah satu produser <robust>VOCALOID</robust> terkenal di Jepang, wowaka, telah meninggal dunia dikarenakan penyakit jantung yang dideritanya. Dunia VOCALOID sempat terguncang akan berita ini hingga ucapan bela sungkawa kepada wowaka banyak dikirimkan baik oleh para produser VOCALOID maupun para penggemar VOCALOID di seluruh dunia. Beragam macamnya, mulai dari cuitan, fanart, bahkan lagu.

Kini 3 tahun sejak sepeninggalan sang produser, banyak hal yang menjadi kenangan bila meningat lagu-lagu ciptaannya, baik itu VOCALOID maupun lagu yang dia garap bersama band hitorie, di mana dia menjadi vokalis di band tersebut. Pada artikel ini, mari kita kupas lagu-lagu sang produser yang meninggalkan bekas kenangan dalam hidup kita.

1. wowaka feat. Hatsune Miku – Rolling Girl

Lagu Rolling Girl adalah lagu yang dirilis pada 14 Februari 2010 lalu. Lagu ini menduduki posisi ke-2 dalam Weekly VOCALOID Ranking pada minggu debutnya, dan telah mencapai jutaan pada 28 Juni 2010. Menjadi salah satu lagu almarhum yang paling populer dalam kalangan VOCALOID.

Lagu ini bisa dibilang merupakan salah satu lagu VOCALOID paling menarik yang pernah dirilis almarhum karena lirik-nya yang dianggap susah dicerna sehingga menimbulkan berbagai teori pada makna lagu ini. Salah satunya adalah banyak yang berpendapat bahwa lagu ini tentang gadis yang dirundung, dijauhi, atau gagal terus-menerus, yang menyebabkan gadis itu bunuh diri.

2. wowaka feat. Hatsune Miku – Ura Omote Lovers (Two Faced Lovers)

(*5*)

Ura Omote Lovers atau Two-Faced Lovers adalah lagu yang dirilis oleh wowaka dan merupakan salah satu lagunya yang terkenal. Lagu ini telah memasuki Hall of Legend, dengan penayangan 1 juta lebih di Niconico Douga.

Seperti lagu wowaka pada umumnya, liriknya agak samar sehingga terbuka untuk berbagai pendapat. Ada banyak teori berbeda yang sering kali sangat beragam, dengan beberapa tema yang hadir seperti lagu tentang aborsi, hamil di luar nikah, hingga sekedar hubungan yang tidak sehat. Namun tetap saja, ide pokok dari lagu ini tidak pernah dijelaskan.

3. wowaka feat. Hatsune Miku – World Ends Dancehall

World’s End Dance Hall adalah lagu yang dirilis oleh wowaka dan merupakan salah satu lagunya yang paling terkenal. Lagu ini kemudian diunggah ke YouTube pada 4 September 2017 dan juga merupakan lagu pertama wowaka yang menggunakan voicebank VOCALOID Megurine Luka.

Pada 17 April 2019, lagu ini telah memasuki Hall of Myths, dengan whole 10 juta kali ditonton dan menjadi salah satu lagu duet VOCALOID paling populer. Lagu ini juga adalah lagu pertama yang menghadirkan voicebank Luka untuk memasuki Hall of Myths.

Seperti pada lagu-lagu wowaka lainnya, liriknya samar dan terbuka untuk berbagai pendapat. Salah satu di antaranya adalah lagu ini membahas tentang ‘akhir dunia’ dan 2 kekasih yang akhirnya bunuh diri di akhir lagu ini.

4. wowaka feat. Hatsune Miku – Unhappy Refrain

Lagu Unhappy Refrain pertama kali diunggah ke situs Nico Nico Douga pada 2 Mei, 2011. Lagu ini kini telah ditonton lebih dari 1 juta kali dan menjadi salah satu lagu populer dari wowaka yang masuk ke dalam Hall of Legend.

Tidak seperti lagu-lagu lainnya sebelumnya, lirik dari lagu ini sedikit memberikan petunjuk maksud yang ingin disampaikan oleh wowaka. Banyak orang yang berpendapat bahwa lagu ini tentang ketidakpuasan wowaka dengan komunitas VOCALOID, dan merupakan sindiran keras terhadap komunitas tersebut. wowaka menjelaskan bahwa meskipun lagu-lagunya meraih kesuksesan, namun kesuksesan tersebut berada di bawah nama Hatsune Miku daripada nama diri nya sendiri, mengkhianati kerja keras yang dia lakukan untuk musiknya yang mana memang menjadi permasalahan krusial pada period VOCALOID tahun 2014-an.

Salah satu pendapat yang menjadi pendukung teori ini adalah bahwa Unhappy Refrain adalah lagu terakhir yang dirilis oleh wowaka karena setelah dirilis lagunya tersebut, wowaka menjadi tidak aktif sebagai produser VOCALOID. Banyak lirik mengacu pada perasaan lelah dan ingin berhenti, tetapi tidak ada yang berhubungan dengan bunuh diri, membuat teori lagu ini adalah lagu perpisahan semakin kuat.

5. wowaka feat. Hatsune Miku – Unknown Mother Goose

Lagu Unknown Mother Goose adalah lagu VOCALOID terakhir yang dirilis oleh wowaka. Lagu ini dirilis sebagai pengisi dari album kompilasi “HATSUNE MIKU 10th Anniversary Album 「Re:Start」” yang mana ditujukan untuk perayaan ulang tahun Hatsune Miku yang ke-10 pada tahun 2017 silam.

wowaka menjelaskan dalam wawancara bersama DECO*27 bahwa lagu ini adalah love letter sang produser kepada Hatsune Miku. Dia menyebutkan meskipun tema dalam album kompilasi ini adalah “terima kasih”, dia membuat lagu ini dengan tema seputar cinta. Dia kini mengakui bahwa mau bagaimana dia melihatnya, Hatsune Miku adalah sosok yang membuat dirinya mulai membuat musik. Dengan analogi Miku adalah seperti sosok ibu bagi dirinya.

Inilah kelima lagu wowaka yang membekas kenangan dunia VOCALOID. Meskipun kini sang produser telah tiada, namun lagu-lagunya masih tetap hidup di antara kita.

Animefeed