Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali pacu semangat para atlet esports Indonesia yang tengah mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Esports yang diselenggarakan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Mereka bertekad meraih prestasi tertinggi di ajang multievent terbesar di Asia Tenggara yaitu SEA Games 2021 Hanoi.

“Harapan seluruh rakyat Indonesia ada di pundak kalian,” ujar Menpora Zainudin Amali, “Dengan fasilitas Pelatnas yang lengkap, program pelatihan yang komprehensif, dukungan nutrisi dan para pelatih berkompetensi internasional, Indonesia berharap para atlet yang
terpilih dan bertanding di SEA Games 2021 Hanoi nanti dapat berjuang dengan kemampuan terbaik agar mampu mengibarkan Bendera Merah Putih dan
mengumandangkan Indonesia Raya.”

Dalam kunjungannya ke Pelatnas Esports SEA Games 2021 yang berlokasi di Megamendung – Bogor, Jawa Barat, Menpora juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PBESI atas pengelolaan Pelatnas Esports yang dinilai sangat baik. Ia berharap, dengan pengelolaan Pelatnas yang sangat baik, yang tidak hanya fokus pada pembinaan teknis namun juga non-teknis, pencapaian prestasi atlet Esports Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi akan optimum.

“Bawalah pulang medali sebanyak-banyaknya dan jadikan Indonesia makin bangga karenanya. Teruslah optimis dan penuh semangat untuk memberikan hasil terbaik bagi bangsa dan negaramu,” seru Menpora kepada 128 atlet Pelatnas dan segenap pengurus PBESI.

Menyambut kunjungan Menpora, Ketua Harian PBESI, Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh komitmen dari pemerintah dalam mendukung perkembangan ekosistem dan pembinaan prestasi para atlet Esports Tanah Air.

“PBESI berterimakasih atas dukungan yang senantiasa diberikan pemerintah kepada kami dan seluruh ekosistem esports nasional melalui regulasi, arahan, serta keterlibatan langsung pada program-program pembinaan yang kami selenggarakan,” ujar Bambang Sunarwibowo. “Sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab, kami bertekad untuk terus melakukan pengembangan dan pembinaan, tidak saja kepada atlet-atlet yang mengikuti pelatnas, namun juga kepada seluruh atlet esports di Indonesia melalui dukungan pembinaan ESI daerah yang saat ini sudah ada di 514 kabupaten dan kota di Indonesia.”

Sementara itu, Ketua Pelatnas RM Ibnu Riza Pradipto, menginformasikan bahwa berkaca pada pengalaman SEA Games sebelumnya, Pelatnas Esports SEA Games 2021 tak hanya fokus pada peningkatan performa teknis, namun juga pada penguatan psychological dan fisik. “Kekuatan mental, psikologi, dan fisik atlet sangat kritikal dalam mendukung optimalisasi performa atlet ketika bertanding. Untuk itu, faktor-faktor non-teknis tersebut menjadi bagian yang kami jadikan fokus pada Pelatnas ini.”

Animefeed | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial Animefeed.