Kodansha, TV Aichi/Tokyo Mew Mew Production Committee

Berita duka kembali datang dari dunia komik Jepang. Mia Ikumi, salah satu komikus yang menggarap seri Tokyo Mew Mew telah meninggal dunia.

Dalam rilis yang dimuat di situs resmi majalah Nakayoshi, Mia Ikumi dikabarkan berpulang pada 7 Maret 2022 karena pendarahan subarachnoid di membran otak.

Mia Ikumi sendiri menggarap komik tersebut pada tahun 2000 lalu bersama Reiko Yoshida yang menjadi penulis ceritanya. Setelah komiknya dibuat ulang pada 2019 lalu, seri anime barunya rencananya akan tayang pada Juli 2022 nanti dengan judul Tokyo Mew Mew New.

Masih dalam rilis resminya, pihak Nakayoshi mengungkapkan bahwa Mia Ikumi juga terlibat dalam proyek anime reboot-nya selama dua tahun terakhir. Pihak Nakayoshi juga telah menyiapkan perilisan komik Tokyo Mew Mew edisi khusus untuk merayakan penayangan serial animenya, dengan ilustrasi spesial yang dibuat oleh sang komkusnya.

Selain seri komik mahou shoujo tersebut, Mia Ikumi juga menggarap beberapa seri komik lainnya, seperti Superdoll Rika-chan yang juga diserialisasikan di majalah Nakayoshi milik penerbit Kodansha.

© Kodansha / “Tokyo Mew Mew New” Production Committee

Komik Tokyo Mew Mew sendiri pertama kali dirilis di Jepand pada 2000 hingga 2003 lalu. Komik ini kemudian berlanjut dalam sekuel berjudul Tokyo Mew Mew a la Mode yang terbit dari April 2003 hingga Februari 2004. Kedua serial komik ini juga telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo, baik melalui majalah Nakayoshi Gress, maupun versi lepas atau versi tankoubon.

Anime versi originalnya yang digarap oleh studio Pierrot telah dirilis pada 2002 hingga 2003 di Jepang. Di Indonesia, anime ini pertama kali tayang di stasiun televisi SCTV, dan kemudian ditayangkan kembali di Space Toon.

Animefeed