Muse Indonesia selama ini telah menemani para penggemar anime dengan sajian-sajian animenya yang memukau. Apalagi sejak tahun 2021 lalu mereka mulai menambahkan fitur dubbing dengan bahasa Indonesia di sejumlah anime mereka. Tercatat beberapa anime dari Muse Indonesia yang telah tersedia dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah Kimetsu no Yaiba, Sabikui Bisco, Kenja no Deshi, Attack on Titan, dan Spy x Family yang semuanya didubbing oleh ATM Studio, dan juga Tokyo Revengers yang didubbing oleh IYUNO.

Pada tanggal 22 Juni 2022 lalu, Muse Indonesia sempat mengundang dua orang seiyu dari Anime Spy X Family, yakni Adya Maulana, seiyu Loid Forger dan Toto Warsito seiyu pak Guru Henderson. Dalam sesi wawancara bertajuk #Museminar yang dipandu Daem tersebut, para penonton bisa mengenal lebih jauh kisah dari kedua seiyu anime Spy X Family versi bahasa Indonesia tersebut.

Ada sebuah hal menarik dalam sesi #Museminar kali ini. Dalam salah satu dialognya, tepatnya di menit ke 51, Toto Warsito sempat memberikan informasi bahwa ia menjadi narator untuk sebuah proyek. Menanggapi pernyataan ini, Daem sempat bertanya apakah itu anime Kaguya-sama atau bukan, Toto Warsito menjawab ia tidak tahu persis. Namun ia menegaskan bahwa proyek tersebut baru dimulai dan ia baru membuat sampel suaranya. Kira-kira beginilah isi dialog mereka berdua, dimulai dari menit ke 50:35:

Daem: Saya masih pengen dengar suara bapak di anime selanjutnya. Ngefans

Daem & Toto: Amin

Toto: Ada film apa ntar ya?

Daem: Waduh asik. Ada proyek baru lagi nih?

Toto: Loh saya yang nanya.

Daem: Oh nanya ke saya. Musim depan kayaknya pak Toto cocok jadi Kazunyanya Kanojo Okarishimasu.

Toto: Usulkan sekarang juga!

Daem: Baik pak akan saya usulkan.

Toto: Eh, Azuka yang mana ya?

Daem: Kazuya pak. Itu anime Pacar Sewaan, anime anak-anak zaman sekarang.

Toto: Oh, saya jadi narasinya itu kalau nggak salah.

Daem: Eh masa?

Toto: Kalau nggak salah. Eh, ada naratornya kan itu?

Daem: Kalau nggak salah. Eh itu yang Kaguya-sama bukan?

Toto: Nggak tahu deh. Saya baru mulai soalnya. Baru bikin contoh tadi.

Daem: Wah asik. Kita tunggu saja pak Toto jadi narator salah satu anime.

Dalam dialog ini terbesit fakta bahwa Toto Warsito tengah mengerjakan sampel sebuah proyek, di mana ia menjadi narator. Walau sempat ada sugesti tentang sejumlah judul dari Kanojo Okarishimasu hingga Kaguya-sama: Love is War, namun tidak ada kejelasan sama sekali selain fakta bahwa proyek yang sedang dikerjakan tersebut adalah sebuah film yang memiliki narator di dalamnya. Pada akhirnya fans hanya perlu menunggu mengenai film apa sesungguhnya, yang memiliki narator, dan tengah dikerjakan tersebut.

muse indonesia

Toto Warsito sendiri adalah seorang seiyu memulai karirnya sejak tahun 1995. Ia sebelumnya lebih dikenal kala aktif dalam jajaran seiyu yang mendubbing program-program SCTV yang di masa lalu terkenal dengan program-program Telenovela Amerika Latin. Di antara film-film yang pernah ia dubbing adalah serial Telenovela Amigos Por Siempre, di mana ya berperan mendubbing Neftalí Güemes. Ia juga mendubbing serial Jumanji yang juga tayang di SCTV. Kala itu ia berperan mendubbing Van Pelt yang seringkali mengejar-ngejar Alan Parrish di dalam dunia permainan Jumanji. Ia kini aktif menjadi menjadi seiyu dalam Spy X Family dan Kimetsu no Yaiba sebagai Muzan.

Dari Kaori Nusantara