Toto Warsito merupakan salah seorang seiyu turut mendubbing anime <sturdy>Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba</sturdy> ke dalam bahasa Indonesia. Dalam anime Kimetsu no Yaiba tersebut, ia memerankan sejumlah karakter, di antaranya Muzan sang karakter antagonis hingga Kagaya sang pemimpin besar korps pembasmi iblis yang masih memiliki hubungan dengan Muzan. Boleh dibilang, ia juga mendubbing sebagian besar karakter orang tua sampingan. Tak lupa, dalam lakon Entertainment District yang belum lama berakhir, ia sempat mencuri perhatian saat mendubbing Gyutaro yang menjadi lawan Tanjiro dan kawan-kawan di lakon tersebut.

Siapa yang menyangka Gyutaro ternyata aktif juga di Youtube?
© Koyoharu Gotouge / Shueisha / Aniplex / ufotable

Rupanya Toto Warsito bukan hanya akti sebagai seorang seiyu saja. Iapun juga aktif dalam mengelola akun Youtube miliknya. Dalam akun Youtubenya tersebut, ia banyak memublikasikan video-video dari bernyanyi, membaca puisi, hingga melantunkan Adzan. Seperti apa isi akun Youtube dari seiyu Muzan, Kagaya, pak Urokodaki, ayah Tanjiro, hingga Gyutaro ini? Inilah beberapa video-videonya yang cukup menarik:

Toto Warsito memulai karirnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 1993. Ia sebelumnya lebih dikenal kala aktif dalam jajaran seiyu yang mendubbing program-program SCTV yang di masa lalu terkenal dengan program-program Telenovela Amerika Latin. Di antara film-film yang pernah ia dubbing adalah serial Telenovela Amigos Por Siempre, di mana ya berperan mendubbing Neftalí Güemes. Ia juga mendubbing serial Jumanji yang juga tayang di SCTV. Kala itu ia berperan mendubbing Van Pelt yang seringkali mengejar-ngejar Alan Parrish di dalam dunia permainan Jumanji.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba sendiri merupakan sebuah fenomena. Film layar lebarnya yang telah telah dirilis di Jepang sejak tanggal 16 Oktober 2020 lalu tercatat telah meraup keuntungan yang sangat besar hingga berhasil movie terlaris sepanjang masa di Jepang, dan keuntungannya masih akan terus bertambah. Bahkan sutradara sekaliber Makoto Shinkaipun sempat terkejut dan berdecak kagum atas kesuksesannya. Seri anime dan komiknya sendiri memang cukup populer dan sukses besar, bahkan novelnya juga laris terjual. Tak lupa lagu temanya dari movie layar lebar Kimetsu no Yaiba yang dinyanyikan oleh LiSApun juga sukses besar, dan bahkan video musik dari lagu tema yang berjudul Homura tersebut juga telah tercatat sudah ditonton hingga lebih dari 90 juta warganet sejak dipublikasikan di youtube pada 12 Oktober 2020 lalu. Tak lupa, dalam survei yang sempat dilakukan oleh Benesse, rupanya sejumlah karakter-karakternya saat ini juga banyak dihormati oleh anak-anak di Jepang, bahkan setara dengan orang tua mereka sendiri. Komik ini juga disebut-sebut telah “menyatukan” warga Jepang dari berbagai latar belakang dan usia yang berbeda.

Di Indonesia pun komik ini juga cukup sukses. Hal ini terlihat dari komiknya yang telah tercatat sebagai finest vendor sebagaimana di Jepangnya. Bahkan movie layar lebarnya yang telah diputar sejak awal tahun 2021 ini juga telah sukses besar di bioskop-bioskop Indonesia.