Kabar gembira bagi para pengiat gim tarung gebuk-gebukan penuh jurus-jurus dahsyat, terutama seri Street Fighter. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, CAPCOM telah memastikan bahwa seri Street Fighter akan segera berlanjut kembali dalam seri keenamnya. Meski masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai proyek Street Fighter 6 ini, namun CAPCOM memastikan akan merilis lebih banyak lagi informasi pada musim panas 2022 mendatang.

Kini video trailernya telah dirilis. Dalam trailer ini terungkap juga bahwa Street Fighter 6 ini akan dirilis di tahun 2023 mendatang. Intip trailernya berikut ini:

Dalam trailer tersebut, setidaknya terdapat 3 karakter yang dipastikan kembali dari gim sebelumnya. Mereka adalah Ryu, Luke, dan Chun-Li. Selain itu diumumkan juga seorang karakter baru bernama Jamie. Selain itu terdapat pula sebuah leak yang memperlihatkan desain karakter-karakter di seri ini, termasuk di antaranya Ken, Zangiev, Dhalsim, E. Honda, Blanka, Guile, Cammy, Dee Jay, Rashid, Juri, dan Akuma yang kembali, dan juga sejumlah karakter baru yang belum pernah ada sebelumnya. Meskipun begitu, kebenaran dari leak ini masih belum bisa dikonfirmasi, dan belum ada pengumuman apapun dari CAPCOM mengenai hal ini.

Dibuat dengan menggunakan RE Engine, dalam Street Fighter 6 pemain akan disuguhi “Fighting Ground” yang berisikan ragam mode standar sebagaimana dalam seri-seri terdahulu, “World Tour” yang hadir sebagai story mode dengan jalan cerita yang dijanjikan imersif, serta “Battle Hub” yang akan menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan player lain. Pemain juga akan disuguhi dengan opsi Modern Control yang menyederhanakan proses eksekusi kombo keren dengan tombol super sederhana, di mana akan memudahkan pemain awam untuk bisa terjun masuk menikmati seri ini tanpa harus menghafal segudang jurus terlebih dahulu.

Street Fighter merupakan gim berantem karya CAPCOM yang telah dirilis sejak tahun 1987. Seri kedua dari gim ini yang dirilis pada tahun 1991 disebut-sebut telah merevolusi gim berantem pada masanya, dan telah menginspirasi berbagai seri-seri gim berantem lainnya hingga kini. Seri Street Fighter sendiri telah diadaptasi dalam berbagai media hiburan lainnya seperti komik, anime, hingga film layar lebar, dan tak lupa pula sejumlah gim-gim crossover dengan seri gim lainnya. Sejumlah karakter dari Street Fighter juga sempat muncul di sejumlah seri gim lainnya. Adapun seri terbaru dari Street Fighter, yakni Street Fighter V dirilis pada tahun 2016 lalu, dan sudah mengalami berbagai ekspansi dan juga update.

Dari Kaori Nusantara