KRL Double-Decker seri VIRM 4 milik Nederlandse Spoorwegen yang akan diremajakan (International Railway Journal – Quintus Vosman)

Nederlandse Spoorwegen (NS), perusahaan kereta api (KA) nasional Belanda akan melakukan peremajaan pada 51 rangkaian kereta (trainset) kereta rel listrik (KRL) dua tingkat atau double-decker seri VIRM 4 mereka. Seri KRL dua lantai dengan formasi 4 kereta ini telah melayani NS sejak tahun 2008, dan akan mulai diremajakan pada musim gugur tahun 2023, dengan goal selesai di tahun 2025 untuk trainset pertama. Sedangkan 50 trainset lainnya ditargetkan selesai pada tahun 2026 hingga 2028 mendatang.

NS menyatakan bahwa 99% materials asal dari kereta yang diremajakan akan dipakai kembali pada kereta yang sama, digunakan pada kereta lainnya atau didaur ulang. Peremajaan ini akan memperpanjang usia pakai kereta hingga 18 tahun mendatang dan membuatnya lebih berkelanjutan, selain lebih hemat biaya dibandingkan dengan membeli kereta baru. Kereta ini juga akan diwarnai dengan skema warna (livery) baru NS saat menjalani peremajaan.

Eelco van Asch, Direktur Operasi NS mengatakan bahwa pihaknya tengah bersiap untuk menghadapi peningkatan penumpang di masa depan. “Dalam jangka panjang, kami tengah bersiap untuk peningkatan penumpang yang signifikan.” tuturnya. “Itulah mengapa penting bagi kami untuk melanjutkan investasi pada kereta modern dengan kapasitas tempat duduk penumpang yang lebih besar. Dengan meremajakan kereta double-decker ini, kami seperti ‘menepuk dua lalat dalam sekali pukul’ dengan menyediakan kereta yang nyaman untuk perjalanan penumpang kami sambil menjaga keberlanjutan pengoperasian kereta ini dengan cara yang kami bisa lakukan.” tambahnya lagi.

NS pertama kali membeli kereta double-decker pada tahun 1994, yang dinamai seri Dubbel-Deks InterRegio Materieel (DD-IRM). Seri kereta ini kemudian dinamai ulang dengan nama Verlengd InterRegio Materieel (VIRM) atau Extended InterRegio Rolling Stock dalam bahasa Inggris pada tahun 2000, dengan diikuti penambahan 128 unit kereta untuk memperpanjang trainset yang sebelumnya berformasi 3 kereta menjadi 4 kereta, dan trainset yang sebelumnya berformasi 4 kereta menjadi 6 kereta. VIRM 2 dan VIRM 3, seri berikutnya dari kereta double-decker ini dihadirkan sejak tahun 2003 hingga 2005, dan terakhir VIRM 4 yang akan diremajakan yang dioperasikan mulai pertengahan tahun 2008.

Seri awal VIRM sendiri telah mulai diremajakan oleh NS sejak tahun 2016. Saat ini, anak perusahaan NS, Train Modernisation Haarlem tengah meremajakan armada VIRM 2 dan VIRM 3 yang rencananya akan rampung di awal tahun 2024. Total kereta VIRM yang dimiliki NS adalah 98 trainset formasi 4 kereta dan 80 trainset formasi 6 kereta, dengan jumlah unit kereta mencapai 872 unit.

Cemplus by Animefeed