OLDCODEX bubar! Grup band populer asal Jepang ini akhirnya resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan aktivitas mereka per 31 Mei 2022. Akun Twitter dan situs resmi mereka juga akan segera ditutup pada 31 Agustus 2022 mendatang. Sebelumnya mereka sempat mengumumkan akan membubarkan diri setelah merilis lagu terakhir mereka, “This fading blue,” yang merupakan lagu tema dari Free! The Final Stroke bagian kedua yang akan dirilis di Jepang pada tanggal 22 April 2022. Semula mereka akan membubarkan diri pada 22 April 2022, bersamaan dengan perilisan film tersebut. Namun baru kali inilah mereka benar-benar mengumumkan telah bubar.

Dalam pengumumannya ini pihak OLDCODEX mengumumkan rasa terima kasihnya kepada para fans dan pihak-pihak yang telah mendukung mereka selama ini, dan berharap mereka juga akan tetap mendukung para personel yang akan menempuh jalannya masing-masing.

Ta_2 (Tatsuhisa Suzuki) sang vokalis dan pendiri OLDCODEX mengumumkan bahwa ia juga berterima kasih yang sebesar-besarnya atas segala kebersamaan selama ini. Ia berharap semua orang akan kebahagiaan dalam bentuk apapun, dan karya-karya OLDCODEX akan tetap berada di hati mereka meski hanya sejenak.

Personel lainnya YORKE memberikan rasa terima kasih kepada para staf yang sudah menerima dan mendukungnya selama ini. Ia juga mengungkapkan kebanggaan kepada para fans yang telah mendukung mereka selama ini, seraya berterima kasih dan ia tidak akan melupakan segala momen kebersamaan yang telah dijalin selama ini.

Sebelumnya, vokalis OLDCODEX Tatsuhisa Suzuki sempat tersandung kasus main serong dari istrinya, LiSA. Meski ia sudah meminta maaf, namun ia telah hiatus dari aktivitasnya, hingga hengkang dari sejumlah peran-perannya sebagai seorang seiyu. LiSA sendiri saat ini kembali beraktivitas seperti biasa sebagai seorang penyanyi. Tatsuhisa Suzuki sendiri saat ini juga dilaporkan telah kembali beraktivitas.

OLDCODEX sendiri merupakan grup musik beranggotakan 5 orang yang telah berdiri sejak tahun 2009. Mereka dikenal menyanyikan lagu-lagu di sejumlah anime seperti Free!, Servamp, God Eter, Kuroko no Basket, dll.

Dari Kaori Nusantara