Gaban alias Uchu Keiji Gavan alias Space Sheriff Gavan merupakan salah satu seri tokusatsu yang populer, salah satunya di Indonesia. Seri pertama dari serial Metal Hero ini cukup populer, di Indonesia di period 1980an lewat moda video rental hingga kaset cerita. Kini para followers di Indonesia bisa menyaksikan kembali keseruannya melalui akun Youtube resmi TOEI Tokusatsu. Hingga tanggal 23 Maret 2022, setidaknya telah tersedia 2 episode yang bisa disaksikan.

Gaban alias Uchu Keiji Gavan alias Space Sheriff Gavan merupakan seri tokusatsu yang dirilis di Jepang 1982, sekaligus pembuka dari seri Metal Hero. Dikisahkan bumi yang diserang oleh komplotan penjahat yang menamakan dirinya Makuu, pimpinan Don Horror yang ingin menguasai alam semesta. Demi mengatasi ancaman Makuu tersebut, polisi luar angkasa Gaban dikirim untuk melindungi bumi.

Seri Gaban ini sendiri populer di Indonesia pada period 1980an melalui media video rental dan kaset cerita. Kepopulerannya bahkan membuat sang polisi luar angkasa ini datang ke Indonesia untuk berpentas bersama Google V pada tahun 1987, kalau itu bahkan dibintangi langsung oleh sang aktor, Kenji Ohba. Bertahun-tahun kemudian, tepatnya di tahun 2017 Kenji Ohba juga sempat datang kembali ke Indonesia pada perhelatan Popcon Asia 2017.

Animefeed