Heathrow Terminal 5 Transit akan kedatangan sarana AGT-LRV baru untuk sistem APM nya (Flickr – Terminal 5 Insider)

Pabrikan kereta terkemuka dunia, Alstom mentargetkan 20 unit kereta Automated Guideway TransitLight Rail Vehicle (AGT-LRV) baru untuk sistem Automated People Mover (APM) Terminal 5 Bandara Heathrow, London yang lebih dikenal dengan Heathrow Terminal 5 Transit sudah bisa mulai dikirim pada September 2022.

Sarana AGT-LRV tipe Alstom (sebelumnya Bombardier) Movia APM 200 ini masih dalam tahap pembuatan bodi kereta yang tengah diproduksi di pabrik bus terkemuka Britania Raya, Alexander Dennis di Skotlandia, dan setelah selesai akan dikirim ke fasilitas produksi Alstom di Pittsburgh, Amerika Serikat untuk dirakit menjadi unit-unit kereta AGT-LRV secara utuh.

Depo Perawatan Sarana APM Terminal 5 Bandara Heathrow, London (Metro Report International)

Sarana AGT-LRV Alstom Movia 200 terbaru untuk terminal 5 Bandara Heathrow ini akan memiliki tampilan, dimensi dan spesifikasi yang persis sama dengan pendahulunya yang telah beroperasi sejak tahun 2008, sebagai tambahan armada yang sudah tersedia. Kehadiran sarana baru ini juga membantu pengelola Bandara Heathrow mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat terbang setelah pandemi yang membutuhkan layanan perpindahan orang dengan massal dan cepat.

Pada sarana AGT-LRV anyar ini, beberapa fitur baru dan berbeda dari yang sebelumnya diantaranya adalah inside yang diperbarui, pegangan tangan (hand grip) tambahan bagi penumpang, pengkondisi udara (AC) yang ditingkatkan, komponen propulsi dan kompresor udara yang terbaru, tambahan mode “Sleep” untuk memudahkan kereta diaktifkan kembali setelah diistirahatkan, dan sederet fitur diagnostik canggih untuk memudahkan pemeriksaan dan perawatan sarana bagi operator.

Heathrow Terminal 5 Transit sendiri adalah sistem APM yang digunakan untuk perpindahan orang di lingkungan Terminal 5 Bandara Heathrow pada sisi udara (airside). Sistem APM yang dioperasikan oleh Heathrow Airport Holdings sejak tahun 2008 ini memiliki panjang lintasan 0,67 km dengan 3 stasiun pemberhentian; Terminal 5A (house gerbang penumpang pesawat A1-A23), Terminal 5B (house gerbang penumpang pesawat B32-B48) dan Terminal 5C (house gerbang penumpang pesawat C52-C66) dan berfungsi untuk mempermudah pergerakan penumpang pesawat menuju gerbang pemberangkatan pesawatnya masing-masing di house Terminal 5 Bandara Heathrow yang luas.

20 unit tambahan sarana AGT-LRV ini sendiri masih merupakan bagian dari kontrak pengadaan sarana untuk sistem APM Terminal 5 Bandara Heathrow yang diterbitkan pada Juni 1999 lalu kepada Bombardier, sebelum diambil alih oleh Alstom. Kontrak ini juga mencakup peningkatan sistem komunikasi penumpang di atas kereta dan di stasiun.

Cemplus by Animefeed