Dunia musik Jawa dan pelaku suara Indonesia berduka. Salah seorang seiyu veteran yang juga adalah seniman musik Campursari Jawa, Gandi Suwandi atau Gandhi Gendon telah tutup usia. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Senin tanggal 28 Maret 2022 di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jenazah almarhum dikebumikan di pemakaman setempat. Sebelumnya almarhum memang sempat terserang stroke.

Almarhum sebelumnya dikenal sebagai seorang seiyu yang pernah mendubbing berbagai film-film asing yang didubbing ke dalam bahasa Indonesia. Ia pernah tergabung Arvisco yang merupakan “rajanya” distribusi dan dubbing seri-seri Telenovela Amerika Latin yang pernah berjaya di interval 1990-an. Selain itu, almarhum juga pernah aktif dalam mendubbing sejumlah seri-seri anime yang tayang di stasiun televisi Spacetoon seperti Temple the Baloonist hingga Muteking the Dashing Warrior.

Selain aktif sebagai seiyu, almarhum Gandhi Gendon yang juga sempat berbisnis kuliner membuka gerai angkringan di bilangan Jakarta ini juga aktif dalam belantika permusikan Campursari Jawa, di mana ia aktif menggubah dan menyanyikan lagu-lagu tembang Jawa. Bukan hanya lagu Campursari Jawa saja, almarhum juga menggubah lagu mars dari organisasi Asosiasi Pelaku Suara Profesional Indonesia atau Suara Pro. Setelah tidak aktif lagi sebagai seorang seiyu, almarhum hijrah ke kampung halamannya di Jawa, di mana ia tetap aktif dalam menggubah lagu-lagu Campursari Jawa, hingga akhir hayatnya.

Animefeed mengucapkan turut berduka cita atas kepergian mendiang Gandi Suwandi atau Gandhi Gendon. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan. Serta semoga karya-karyanya tidak akan lekang terlupakan dimakan waktu, dan meninggalkan legacy yang berarti, baik bagi dunia Campursari maupun pelaku suara Indonesia.

Animefeed | Courtesy of Eric Zhanov