Ario Sugiharto, salah satu seiyu kawakan Indonesia dilaporkan telah tutup usia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Jumat tanggal 2 April 2022. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh sejumlah rekannya sesama seiyu seperti Kiki Zulkifli, Eric Zhanov hingga Ika Zidane. Jenazah Almarhum akan segera dimakamkan pada Sabtu siang, tanggal 3 April 2022.

Ario Sugiharto memulai debutnya sebagai seiyu sejak tahun 1986. Kala itu ia banyak mendubbing film-film layar lebar, dan tentu saja mendubbing berbagai film-film asing yang didubbing ke dalam bahasa Indonesia. Almarhum adalah salah satu seiyu generasi awal yang mendubbing seri-seri tokusatsu hingga anime asal Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Ia dulu pernah mendubbing Kotaro Minami sang Kamen Rider Black alias Masked Rider Black alias Ksatria Baja Hitam.

Salah satu peran monumental Almarhum adalah dalam Crayon Shinchan. Dalam Crayon Shinchan, Almarhum berperan sebagai Hiroshi Nohara, suami dari Misae, dan juga sekaligus papa dari Shinchan dan Himawari. Peran Almarhum lainnya yang juga cukup terkenal adalah sebagai Peta dalam Dora the Explorer. Selain itu ia juga memerankan Shiryu dalam anime Saint Seiya yang pernah ditayangkan RCTI, Roberto dalam Kapten Tsubasa yang ditayangkan di TV7, hingga Mbah Ham dalam anime Hamtaro. Beberapa film-film lainnya yang pernah ia dubbing di antaranya ada Carranger, Angling Dharma, Cyborg Kuro-chan, One Piece, Bubu Chacha, Full Metal Panic, dan berbagai judul lainnya. Selain aktif sebagai seiyu, Almarhum hingga akhir hayatnya juga aktif menjadi sutradara dubbing atau pengarah dialog di sejumlah film.

Animefeed turut berbelasungkawa atas kepergian Ahmad Zulkifli Lubis atau Iphie Lubis. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Animefeed | Courtesy of Kiki Zulkifli, Ika Zidane, & Eric Zhanov