Pada Jumat (1/4), akun YouTube resmi Aniplex (*10*) trailer retrospektif dari anime Sword Art Online berdurasi 16 menit dengan tema yang berjudul “Looking Back”. Perilisan trailer tersebut adalah sebagai bagian dari proyek ulang tahun ke-10 anime Sword Art Online yang akan jatuh pada 8 Juli 2022 mendatang. Dalam trailer tersebut, setiap arc dalam seri anime tersebut ditampilkan secara berurutan lengkap dengan lagu – lagu pembukanya. Intip trailer nya di bawah ini:

 

Pada perhelatan AnimeJapan 2022, seri anime ini juga telah menggelar panel eksklusif dengan tema berjudul “The Beginning”, yang mana tujuannya tentu untuk merayakan ulang tahun ke-10 dari anime tersebut. Sebuah trailer dengan judul “Full Dive” telah diungkap pula dalam acara tersebut.

Sword Art Online atau dikenal juga dengan singkatannya yaitu SAO, merupakan seri novel ringan asal Jepang karya Reki Kawahara (penulis cerita) dan abec (ilustrasi). Cerita dalam SAO sendiri berkisar antara petualangan Kirito dan kawan-kawannya dalam berpetualang menyelesaikan sejumlah misi di dalam sport digital actuality. Dua musim seri anime ini yang diproduksi oleh studio A-1 Pictures telah tayang masing-masing pada tahun 2012 serta 2014. Selain itu seri novel ini juga telah diadaptasi menjadi beberapa judul sport. Bahkan seri novel ini akhirnya telah terbit di Indonesia. Adaptasi movie dari seri ini yang berjudul SAO The Movie: Ordinal Scale telah diputar di Jepang dan Indonesia pada awal 2017 lalu.

Selain seri-seri di atas, terdapat juga sebuah spin off berjudul SAO: Alternative Gun Gale Online. Tak lupa, SAO rencananya juga akan diadaptasi menjadi sebuah drama seri reside motion, di mana proyek reside actionnya telah dijual ke Netflix, dan karakter Kirito dan Asuna telah dipastikan akan diperankan oleh aktor dan aktris dari Asia. Meskipun begitu, masih belum ada kabar lebih lanjut mengenai proyek drama seri reside motion tersebut. Selain itu sebuah movie layar lebar berjudul SAO: Progressive juga telah dirilis pada tanggal 30 Oktober 2021 lalu, dengan lanjutannya yang akan tayang pada musim gugur Juli 2022 mendatang. Adapun novelnya sendiri juga telah diterbitkan di Indonesia.

Animefeed