Pernahkah terbayang untuk melahap makanan sembari menulis artikel? Inilah kisah seorang editor muda bernama Mitsume Mitsudome yang tengah menulis artikel makanan di berbagai restoran asli di Jepang dalam komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today.

Komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today merupakan komik karya <sturdy>Dodo Yamazaki</sturdy> yang pertama kali dirilis pada tahun 2016. Komik ini merupakan komik kolaborasi bersama blogger makanan bernama <sturdy>Turedurehanako</sturdy>.

Di Indonesia sendiri amount pertama komik ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo melalui label Level Comics pada tanggal 10 Februari 2021. Mari simak ulasan amount pertama dari komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today berikut ini!

Sinopsis

Mitsume Cleaned The Plates Again Today
© 2016 Dodo YAMAZAKI, Turedurehanako / Elex Media Komputindo

Mitsume Mitsudome, seorang editor junior. Tepat setelah disuruh meneruskan mengelola weblog kuliner populer, mata kuliner yang dapat melihat roh makanan muncul di dahinya! Dengan mengandalkan penjelasan para roh makanan, dia menyikat habis, menyikat habis, dan menyikat habis lagi makanannya! Perut bahagia, pekerjaan lancar Tapi di sisi lain, kehidupan pribadinya malah tidak berjalan lancar.

Penceritaan Komik – Perjalanan awal seorang editor muda

Mitsume-san wa Kyou mo Kanshoku
© 2016 Dodo YAMAZAKI, Turedurehanako / Elex Media Komputindo

Memulai kisah dengan seorang editor muda bernama Mitsume Mitsudome, Mitsume adalah seorang perempuan yang berkeinginan untuk menjadi vogue creator, akan tetapi saat ini ia belum dapat mencapai impian tersebut. karenanya saat ini ia hanya membuat artikel bebas demi mengisi kekosongan halaman majalah. Namun  suatu hari, Mitsume mendapatkan sebuah kesempatan untuk mengurusi sebuah weblog makanan, setelah  pengurus weblog tersebut mengundurkan diri. Mendapati kesempatan besar untuk dapat mengelola weblog, Mitsume mengambil kesempatan itu dan berusaha untuk dapat meningkatkan pamor weblog tersebut.

Namun siapa sangka ternyata tugas menulis makanan tidaklah semudah yang ia pikirkan. Beruntunglah ia seketika menemukan sebuah restoran kecil yang berada di tengah kota. Tanpa basa-basi, ia langsung memasuki restoran tersebut. Akan tetapi petugas restoran menyapa Mitsume bahwasannya restoran ini perlu reservasi terlebih dahulu. Terkejut bahwa restoran kecil saja membutuhkan reservasi, Mitsume-pun pasrah dan berencana kembali ke kantor, namun beruntung lagi, orang yang telah mereservasi tempat memutuskan membatalkan reservasi tersebut dan Mitsume dapat makan di restoran kecil itu. Tanpa diketahui dirinya, Mitsume sebenarnya telah menemukan sebuah restoran populer di Tokyo yang dikenali dengan daging kambingnya.

Membaca amount pertama komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today ini, dapat saya bilang komik ini memiliki tema sederhana dengan sentuhan khusus. Sentuhan khususnya tentunya adalah adanya “peri” dan “mata ketiga” untuk melihat berbagai macam restoran dan menu. Namun saya pikir itu hanya ada untuk meramaikan kenikmatan makanan yang sedang disantapnya. Sentuhan khusus lainnya yang ada di komik ini adalah “resotran di sini adalah restoran asli”, sehingga membaca komik ini terasa seperti sedang membaca artikel berbentuk “komik”. Tanpa disadari saya hampir membaca kesan dari meals blogger itu sendiri ketika membaca dan membuat saya semakin tergoda untuk makan.

Bila melihat dari sisi lainnya, amount pertama Mitsume Cleaned The Plates Again Today ini tidak terlalu berbobot, hampir jarang penceritaan karakter. Bahkan cerita utama maupun konflik dari komik ini tidaklah terasa di amount pertama ini. Meskipun begitu saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan hal itu, karena ketika saya membaca komik ini saya telah berasumsi saya akan membaca dan melihat berbagai makanan yang enak dan unik.

Penggambaran Komik – Nikmatnya makan

Mitsume Cleaned The Plates Again Today
© 2016 Dodo YAMAZAKI, Turedurehanako / Elex Media Komputindo

Tentunya karena ini adalah komik kuliner, Mitsume Cleaned The Plates Again Today pastinya harus memiliki gambar “makanan” yang menggoda. Mengenai hal itu, saya akan memberikan bintang 5. Semua makanan di sini digambarkan dengan begitu indah, bahkan momen memakan di sini membuat saya semakin tergoda untuk makan.

Selain makan, komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today ini juga menggambarkan dengan baik ekspresi karakternya. Contoh saja ekspresi saat tengah memakan roti lobster di atas. Penggambaran senang dan kenyang membuat saya sendiri merasa ingin makan dan kenyang ketika melihatnya. Di luar dari makanan, Mitsume adalah sosok yang imut dan cukup ekspresif di manapun ia berada.

Kesimpulan

© 2016 Dodo YAMAZAKI, Turedurehanako / Elex Media Komputindo

Dapat saya bilang amount pertama dari komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today ini adalah pembukaan yang sederhana bagi yang tengah mencari komik kuliner. Walaupun amount pertama tidak terlalu memiliki konflik berat atau momen yang menarik, setidaknya amount ini mampu menggambarkan “kekenyangan” dalam membaca komik bertamakan kuliner.

Namun satu hal yang membuat saya menyukai amount pertama komik ini adalah adanya “referensi restoran asli”. Semua restoran yang ada di komik ini menggunakan lokasi asli beserta rekomendasi terbaik dari restoran tersebut. Walaupun ini adalah detil yang kecil, namun detil kecil ini membuat saya dapat melakukan pembacaan lebih lanjut di net mengenai restoran yang dikunjungi Mitsume. Mungkin saja di masa depan saya dapat mengunjungi restoran itu juga?

Dibanderol dengan harga 30.000 Rupiah (untuk pulau Jawa). Komik ini dicetak menggunakan kertas koran. Walaupun begitu saya hampir tidak merasa komik ini menggunakan kertas koran sama sekali karena komik ini cukup tebal dan tidak menyebabkan timbul di halaman lainnya. Bahkan kualitas cetaknya sendiri cukup bagus sekali. Kontrasnya sangat jelas dan tidak ada warna yang pudar. Hal ini membuat saya semakin puas untuk membaca “makanan” yang ada.

Dari segi penerjemahannya sendiri, saya tidak terlalu bisa berkomentar, namun setidaknya saya cukup menyukai makanan yang ada terkadang tetap menggunakan bahasa inggrisnya atau daerahnya, setidaknya hal ini memudahkan saya untuk mengetahui dan mencari makanan serupa.

Untuk mengakhiri ulasan amount pertama dari komik Mitsume Cleaned The Plates Again Today, saya akan merekomendasikan untuk membaca komik ini bagi yang ingin mencari sensasi kuliner atau sedang mencari komik tambahan untuk dibaca. Karena kurangnya bobot cerita dalam komik ini, saya rasa komik ini lebih cocok sebagai komik tambahan koleksi kalian atau sebagai panduan untuk mencari makanan yang nikmat.

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

Dari Kaori Nusantara